BR.Simanungkalit, Ellyzabet (2022) Pengaruh Model Example Non Example Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Tingkat Tinggi Siswa Pada Pembelajaran Tematik Tema 5 Subtema 2 Di Kelas V Sd Negeri 105351 Bakaran Batu Ta 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1183111157_COVER.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
2. NIM. 1183111157_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (337kB) | Preview
3. NIM. 1183111157_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
4. NIM. 1183111157_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
5. NIM. 1183111157_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
6. NIM. 1183111157_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
7. NIM. 1183111157_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
8. NIM. 1183111157_BAB I.pdf - Published Version
Download (332kB) | Preview
12. NIM. 1183111157_BAB V.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
13. NIM. 1183111157_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Example Non Example terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Tingkat Tinggi Siswa pada pembelajaran tematik tema 5 subtema 2 di kelas V SD Negeri 105351 Bakaran Batu TA 2021/2022. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya
tingkat kemampuan berpikir kritis tingkat tinggi pada pembelajaran tematik di kelas V. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pre-experimental, dengan bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas Vb yang berjumlah 32 siswa. Instrument dalam penelitian ini adalah Observasi, Dokumentasi dan tes dalam bentuk soal pilihan berganda sebanyak 20 soal yang terlebih dahulu telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis
dengan menggunakan uji paired sample tes, dilakukan dengan bantuan program Ms.Excel. Hasil penelitian menyatakan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran Example Non Example terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Tingkat Tinggi Siswa di SD Negeri 105351 Bakaran Batu. Dilihat dari hasil
perbandingan, nilai rata-rata pretest diperoleh 46,87 sedangkan nilai rata-rata posttest adalah 81,09. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t dengan taraf signifikan 0,05 maka diperoleh thitung > ttabel dimana thitung yaitu 11 sedangkan ttabel adalah 2,039 maka ha dierima dan hoditolak dapat disimpulkan hipotesis dalam penelitian ini diterima. Oleh karena itu, dinyatakan terdapat pengaruh model Example Non
Example terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Tingkat Tinggi Siswa pada pembelajaran tematik Tema 5 Subtema 2 Di SD Negeri 105351 Bakaran Batu T.A 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kemampuan Berpikir Kritis;Model Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 16 Jun 2023 02:20 |
Last Modified: | 16 Jun 2023 02:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52084 |