Sihite, Hanna Katari (2022) Pengaruh Model Pembelajaran CTL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di SD Negeri No.101775 Sampali. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1181111044_COVER.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
2. NIM. 1181111044_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (331kB) | Preview
3. NIM. 1181111044_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
4. NIM. 1181111044_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
5. NIM. 1181111044_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
6. NIM. 1181111044_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
7. NIM. 1181111044_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 1181111044_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 1181111044_BAB I.pdf - Published Version
Download (388kB) | Preview
13. NIM. 1181111044_BAB V.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
14. NIM. 1181111044_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui penerapan model pembelajaran CTL dalam pembelajaran di kelas V SD Negeri No. 101775 Sampali TA 2021/2022. (2) Mengetahui pengaruh model pembelajaran CTL terhadap hasil belajar siswa siswa kelas V SD Negeri No. 101775 Sampali TA 2021/2022.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pada kelompok eksperimen diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran CTL, sedangkan kelompok kontrol tidak diberikan perlakuan atau menggunakan model pembelajaran ceramah.
Variabel penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebasnya adalah model pembelajaran CTL dan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VA Semester 2 SD N No. 101775 yang berjumlah 32 siswa. Kelas kontrol berjumlah 16 siswa dan 16 siswa sebagai kelas eksperimen. Total jumlah siswa kelas VA adalah 32 siswa. Adapun teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pengukuran tes dan observasi. Untuk tes menggunakan soal-soal pilihan berganda, dan untuk observasi menggunakan lembar observasi aktivitas
siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas V A di SD Negeri No. 101775 Sampali. Hal ini ditunjukkan melalui hasil perhitungan rata-rata skor pretest dan posttest. Dimana rata-rata kelompok eksperimen yaitu yang diberi perlakuan sebesar 77,68 dan rata-rata kelompok kontrol yang tidak diberikan perlakuan 66,2. Untuk nilai Kriteria Ketuntasan Minimum pada kelas VA di SD Negeri No.
101775 Sampali ini yaitu 70. Maka dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran ini baik diterapkan dalam pembelajaran di sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | CTL (Contextual Teaching and Learning); Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 16 Jun 2023 02:18 |
Last Modified: | 16 Jun 2023 02:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52053 |