Hasibuan, Husnah (2022) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Bebasis Model Problem Based Learning Pada Tema 7 Subtema 2 Indahnya Keragaman Budaya Negeriku Kelas IV SD Negeri 0122 Hasahatan Julu T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1181111048_COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. NIM. 1181111048_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
3. NIM. 1181111048_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
4. NIM. 1181111048_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
5. NIM. 1181111048_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
6. NIM. 1181111048_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM. 1181111048_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 1181111048_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 1181111048_BAB I.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
13. NIM. 1181111048_BAB V.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
14. NIM. 1181111048_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis model Problem Based Learning 2) Untuk mengembangkan Kelayakan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis model problem based learning, dan 3) Untuk mengembangkan Efektifitas (LKPD) berbasis Model Problem Based Learning . Adapun yang termasuk jenis penelitian ini ialah penelitian pengembangan atau yang biasa disebut dengan (Research and development) dengan menggunakan model yang dipakai ialah ADDIE sementara untuk prosedur yang diikuti sebagai bahan acuan dalam tahapan awal hingga
akhir dimulai dari melakukan Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), Evaluation (Evaluasi). Sementara yang menjadi subjek penentuan dalam proses penelitian ini
ialah beberapa pakar yang dianggap mumpuni dalam bidangnya khususnya terhadap pakar materi dan LKPD, serta diikuti bantuan dari praktisi pada proses pembelajaran dan siswa kelas IV SD Negeri 0122 Hasahatan Julu tahun ajaran
2021/2022. Teknik yang digunakan untuk memperoleh data-data yang dibutuhkan ialah berupa pengisian terhadap angket, perolehan hasil yang didapatkan pada proses pemberian tes baik itu sebelum ataupun sesudah beserta dengan
pengamatan pada lapangan. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh pada penelitian ini menujukkan: Uji kelayakan LKPD oleh ahli materi mendapat kategori sangat layak diperoleh skor sebesar 94,11%, serta ahli LKPD (media) mendapat kategori sangat layak sebesar 93,63%, (2) Uji keefektifan LKPD berbasis Problem Based Learning mendapat kategori sangat layak menunjukkan terdapat hasil belajar siswa yang menggunakan LKPD berbasis Problem Based Learning dengan hasil nilai rata-rata post-test sebesar 90 dan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan LKPD berbasis PBL dengan hasil nilai rata-rata pre-test sebesar 60, (3) Uji Kepraktisan LKPD berbasis PBL oleh guru mendapat kategori
sangat layak diperoleh skor sebesar 90,90%
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan; Lembar Kerja Peserta Didik; Berbasis Model Problem Based Learning; Pada Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 2 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 15 Jun 2023 07:17 |
Last Modified: | 15 Jun 2023 07:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52052 |