DAMPAK MELETUSNYA GUNUNG SINABUNG TERHADAP SUMBER AIR PANAS DI TINGGI RAJA KABUPATEN SIMALUNGUN

Tampubolon, Togi and Juliani, Rita and Hutahaean, Juniar (2019) DAMPAK MELETUSNYA GUNUNG SINABUNG TERHADAP SUMBER AIR PANAS DI TINGGI RAJA KABUPATEN SIMALUNGUN. Project Report. LPPM Universitas Negeri Medan, Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Gunung Sinabung adalah gunun api strato berbentuk kerucut, dengan tinggi puncaknya 2460 m dpl. Lokasi secara administratif masuk ke dalam Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara. Secara geografis terletak pada posisi 310’ Lintang Utara dan 9823,5’ Bujur Timur. Gunung Sinabung tidak pernah tercatat meletus sejak tahun 1600, tetapi mendadak aktif kembali dengan meletus pertama kalinya pada tahun 2010, gunung ini mengeluarkan asap dan abu vulkanis.
Panas bumi adalah sumber daya alam dalam bentuk fluida (air dan uap) yang terjebak dalam reservoir bumi dan terkena panas oleh batuan yang berasal dari pembekuan magma cair yang bersuhu tinggi. Sumber panas diduga berasal dari sisa magma pembentukan batuan vulkanik yang berada dibawah kerucut gunung api yang berasal dari kantong-kantong magma dengan kedalaman yang tidak diketahui. Mata air panas (spring) adalah pemusatan keluarnya air tanah yang muncul di permukaan tanah sebagai arus dari aliran air tanah. Hot spring memiliki suhu diatas 37C, diatas suhu normal tubuh manusia.
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki hubungan meletusnya gunung sinabung dengan sumber air panas secara geofisika baik secara alami maupun dengan remote sensing. Untuk alami data diperoleh dari survei lapangan; photo, informasi dari masyarakat, tentang hubungan perpindahan sumber air panas dengan meletusnya gunung Sinabung dan Kunjungan untuk mendapatkan informasi tentang kekuatan gempa dari kantor pusat Badan Pusat Volkanologi Mitigasi Bencana Alam (PVMBG). Sementara penggunaan remote sensing dapat menghasilkan peta LST dan NDVI dengan penggunaan data citra satelit ditempat dimana pernah ada sumber air panas sebelum penelitian ini dilakukan. Untuk menambah wawasan dampak gempa bumi, Peneliti melakukan survei lapangan ke Palu. Hasil penelitian ini sangat potensial disampaikan dalam seminar nasional maupun internasional bereputasi. Juga berkontribusi untuk penerapan aplikasi ilmu pengetahuan dalam memecahkan gejala alam dimasyarakat secara ilmiah, hasil penelitian ini juga dapat digunakan untuk perbaikan mata kuliah pendahuluan fisika bumi. Dan juga menjadi tambahan materi perkuliahan di jurusan fisika, geografi dan disekolah lanjutan (Masuk materi buku pelajaran)

Item Type: Monograph (Project Report)
Keywords: Gunung api; Remote sensing; Panas bumi; Gempa bumi; Sumber air panas
Subjects: Q Science > QC Physics
Q Science > QC Physics > QC801 Geophysics. Cosmic physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 03 May 2023 03:21
Last Modified: 03 May 2023 03:30
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52018

Actions (login required)

View Item
View Item