Panjaitan, Indah (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema 7 Subtema 1 Kelas V SD Negeri 101771 Tembung T.P 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1183311014_COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2. NIM. 1183311014_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
3. NIM. 1183311014_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
4. NIM. 1183311014_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
5. NIM. 1183311014_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
6. NIM. 1183311014_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 1183311014_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 1183311014_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. NIM. 1183311014_BAB I.pdf - Published Version
Download (411kB) | Preview
13. NIM. 1183311014_BAB V.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
14. NIM. 1183311014_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan model dan media pembelajaran yang kurang bervariasi serta rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based
Learning berbantuan media PowerPoint terhadap hasil belajar siswa pada tema 7 subtema 1 kelas V SD Negeri 101771 Tembung T.P 2021/2022. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Sampel yang digunakan dalam penelitian
merupakan seluruh populasi yang berjumlah 58 siswa yaitu 29 siswa kelas V-A dan 29 siswa kelas V-B. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan sebelum
perlakuan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen nilai rata-rata hasil pre-test sebesar 46,8 yang artinya hasil belajar siswa masih tergolong rendah. Setelah diberikan perlakuan pada kelas eksperimen diperoleh hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata sebesar 82,58 terlihat bahwa hasil yang diperoleh siswa sudah termasuk kategori baik. Kemudian berdasarkan data analisis dengan uji hipotesis
menggunakan uji t independent sample t test dengan (2-tailed) menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu -12,524 > 2,003 dengan taraf α = 0,05, yang dimana thitung merupakan harga mutlak. Oleh karena itu, maka H0 ditolak dan Ha diterima sehingga dapat dinyatakan bahwa “Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media PowerPoint terhadap hasil belajar siswa pada tema 7 subtema 1 kelas V SD Negeri 101771 Tembung T.P 2021/2022”. Berdasarkan hasil analisis data maka
dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media PowerPoint berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Problem Based Learning; Media PowerPoint; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 15 Jun 2023 07:17 |
Last Modified: | 15 Jun 2023 07:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52015 |