Implementasi Discovery Learning dalam Pembelajaran Biologi Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Hewan

Manik, Manganju and Harahap, Fauziyah (2021) Implementasi Discovery Learning dalam Pembelajaran Biologi Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Hewan. Bioeduca: Journal of Biology Education, 3 (1). pp. 1-9. ISSN 2714-8009 (print); 2715-7490 (online)

[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (479kB) | Preview

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan untuk mendapatkan hasil dari Implementasi Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi struktur dan fungsi jaringan hewan di SMA Negeri 3 Medan. Sistem implementasi ini dilakukan dalam dua siklus, masing - masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan (observation) dan refleksi. Terdapat 13 Kelas XI MIA sebagai populasi penelitian, di mana siswa kelas XI MIA-8 yang berjumlah 42 orang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan sebagai subjek penelitian ini. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Peningkatan hasil belajar siswa mengalami perubahan yakni 85,71% pada siklus ke I dan 97,62% pada siklus ke II. Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa dan masuk ke dalam kategori tinggi.

Item Type: Article
Keywords: discovery learning; hasil belajar; pembelajaran biologi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 01 May 2023 11:25
Last Modified: 01 May 2023 11:26
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51969

Actions (login required)

View Item
View Item