PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERORIENTASI KKNI PADA MATA KULIAH EKONOMI SYARIAH

Effiyanti, Tri and Sirait, Dita Eka Pertiwi and Dalimunthe, Muhammad Bukhori (2018) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERORIENTASI KKNI PADA MATA KULIAH EKONOMI SYARIAH. NIAGAWAN, 7 (1). pp. 44-49. ISSN ISSN :2301-7775 (print); e-ISSN: 2579-8014 (online)

[thumbnail of Turnitin.pdf]
Preview
Text
Turnitin.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview

Abstract

Perguruan tinggi dalam dua tahun terkhir ini diwajibkan untuk menyesuaikan kurikulum dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia, termasuk pada mata kuliah Ekonomi Syariah. Menyikapi hal tersebut, Universitas Negeri Medan (UNIMED) mewajibkan pelaksanaan enam tugas kepada mahasiswa, yaitu Tugas Rutin (TR), Critical Book Review (CBR), Journal Review (JR), Miniriset (MR), Rekayasa Ide (RI), dan Projek (PR). Untuk mengimplementasikan kebijakan tersebut tentunya dibutuhkan penyesuaian pada desain pembelajaran agar sesuai dengan karakteristik peserta didik dan karakteristik mata kuliah, terutama pada mata kuliah Ekonomi Syariah yang memiliki keunikan tersendiri dibanding dengan mata kuliah lainnya. Selanjutnya desain pembelajaran idealnya dibakukan dalam Satuan Acara Perkuliahan (SAP). Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran (SAP) Ekonomi Syariah yang mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) di prodi Pendidikan Ekonomi. Luaran penelitian ini berupa perangkat pembelajaran Ekonomi Syariah berkualifikasi KKNI yang sesuai dengan karakteristik mahasiswa di jenjang sarjana. Populasi penelitian ini mahasiswa Pendidikan Ekonomi, sementara sampelnya mahasisswa Pendidikan Ekonomi yang sedang mengambil mata kuliah Ekonomi Syariah yang dipilih dengan teknik penyampelan bertujuan. Penelitian dioperasionalkan dengan tahap pengembangan yang mengacu pada Plomp dan Nieveen (2010), yaitu: tahap investigasi awal, desain, realisasi, dan tahap tes validitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah mempunyai nilai validitas, kepraktisan, dan keefektifan yang tinggi. Hal ini terlihat dari pendapat validator, respons dosen, dan respons mahasiswa. Respon mahasiswa mengindikasikan bahwa mereka dapat mengikuti pembelajaran dengan baik, dapat menyelesaikan enam tagihan yang ditugaskan, dan aktivitas belajar semakin baik karena bertambahnya wawasan mahasiswa sebagai modal untuk berdiskusi di kelas. Kecocokan pemilihan materi dan tugas yang diberikan menjadi aspek utama untuk meningkatkan kinerja kegiatan belajar mengajar.

Item Type: Article
Keywords: KKNI, ekonomi syariah; desain pembelajaran; perangkat pembelajaran
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2381 Academic degrees
Divisions: Fakultas Ekonomi
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 30 Apr 2023 16:14
Last Modified: 30 Apr 2023 16:14
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51931

Actions (login required)

View Item
View Item