SEPULUH PILAR MENUJU GEREJA YANG SEHAT

Habeahan, Sampitmo and Tarigan, Delilitnaria (2021) SEPULUH PILAR MENUJU GEREJA YANG SEHAT. Jurnal Christian Humaniora, 05 (02). pp. 43-65. ISSN 2598-6317 (p); 2599-1965 (e)

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (399kB) | Preview

Abstract

Yesus menubuatkan kehadiran gereja. Gereja adalah kumpulan orang-orang percaya yang telah menerima keselamatan. Mengacu kepada bahwa yang mendirikan gereja adalah Yesus tentu menginginkan pekerjaanNya sempurna sebagaimana Tuhan sempurna. Apakah gereja masa kini telah meneladani cara hidup orang Kristen abad mula-mula dalam iman dan pelayanan? Karena Yesus yang mendirikan gereja dan telah memberi Firman dan teladan seharusnya gereja sehat. Akan tetapi dalam kenyataannya gereja masih banyak yang tidak sehat terlihat dari tidak adanya pertumbuhan secara kualitas dan kuantitas. Penelitian bertujuan untuk menggali bagaimana pilar gereja yang sehat menurut Alkitab. Metode penelitian digunakan dengan studi literatur. Adapun hasil penelitian yang didiskripsikan adalah sepuluh pilar menuju kesehatan gereja: 1. Berpusat pada Firman Allah. 2. Khotbah Ekspositori. 3. Melakukan pezuridan. 4. Melaksanakan penginjilan. 5. Gereja yang berdoa. 6. Gereja yang melibatkan kaum awam. 7. Gereja yang digerakkan oleh visi. 8. Gereja yang bermisi. 9. Keseimbangan mandat Ilahi Ganda. 10. Memelihara kekudusan.

Item Type: Article
Keywords: Pilar; Gereja sehat; Status gereja
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV4485 Practical religion. The Christian life > BV4625 Moral theology > BV4720 Precepts of the Church. Commandments of the Church
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV590 Ecclesiastical theology > BV598 The Church
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 20 Apr 2023 21:03
Last Modified: 20 Apr 2023 21:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51835

Actions (login required)

View Item
View Item