Ndona, Yakobus and Siagian, Liber and Habeahan, Sampitmo (2021) PEDAGOGI YESUS DALAM PERSPEKTIF PROGRESIFISME PENDIDIKAN. Jurnal Christian Humaniora, 05 (01). pp. 25-46. ISSN 2598-6317 (p); 2599-1965 (e)
Fulltext.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
Abstract
Yesus Kristus tidak hanya seorang pendiri kristianitas. Yesus, dari perspektif pedagogik termasuk tokoh pendidikan dengan kekuatan kharisma yang sampai sekarang berpengaruh pada dunia kekristenan. Kharisma pedagogi Yesus tampak dalam pengajaran yang otoritatif, berkharisma, penyampaian harapan-harapan mesianik, dan pola pendidikan yang khas. Telah terhadap kitab-kitab Injil memperlihatkan bahwa pedagogi Yesus tidak berorientasi pada penanaman hukum-hukum agama seperti yang dilakukan para rabi Yahudi. Pendidikan Yesus terfokus pada pembaharuan hati yang berlandaskan
pada nilai-nilai kerajaan Allah. Yesus tidak membangun kelas-kelas formal, tetapi menjadikan diri-Nya dan lingkungan sekitar sebagai laboratorium belajar. Pola ini
memperlihatkan bahwa pedagogi Yesus memiliki paralel sekaligus kontradiksi dengan berbagai aliran pendidikan yang sekarang berkembang dalam dunia pendidikan. Tulisan ini mengkaji kekayaan pedagogi Yesus yang dilihat dari perspektif progresifisme pendidikan. Analisa hermeneutika falsafati menemukan substansi, pola dan nilai objektif
pendidikan Yesus, kemudian lewat gerak refleksi dan heuristika menemukan nilai kontektual yang berimplikasi bagi dunia pendidikan Kristen, dan inspirasi bagi para penggiat pendidikan dewasa ini.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Pedagogi; Progresifisme; Yesus |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education L Education > LC Special aspects of education > LC361 Christian education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 20 Apr 2023 20:44 |
Last Modified: | 20 Apr 2023 20:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51833 |