Fahruroji (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP PENGETAHUAN KONSEPTUAL SISWA PADA MATERI POKOK KINEMATIKA GERAK LURUS KELAS X SEMESTER I SMA N 3 MEDAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.409121025.Cover.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. NIM.409121025.Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
3. NIM.409121025.Riwayat Hidup.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
4. NIM.409121025.Abstrak.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
5. NIM.409121025.Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
6. NIM.409121025.Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
7. NIM.409121025.Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM.409121025.Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM.409121025.Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
10. NIM.409121025.BAB I.pdf - Published Version
Download (365kB) | Preview
14. NIM.409121025.BAB V.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
15. NIM.409121025.Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap pengetahuan konseptual siswa pada materi pokok kinematika gerak lurus. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 3 Medan yang berjumlah 11 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 42 orang untuk kelas eksperimen dan 43 orang untuk kelas kontrol.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Sebelum pembelajaran diberikan pada kedua kelas terlebih dahulu dilakukan pretes. Untuk kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 44,7619 dan untuk kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 45,9302. Berdasarkan hasil uji normalitas dan homogenitas pretes siswa diperoleh bahwa data kedua kelas sampel adalah berdistribusi normal dan homogen dengan uji t diperoleh bahwa kemampuan awal kedua kelas sama. Selanjutnya, diberi perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe GI pada kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. Setelah pembelajaran diberikan kemudian pada kedua kelas sampel dilakukan postes. Diperoleh nilai rata-rata 75,8333 untuk kelas eksperimen dan nilai rata-rata 64,5349 untuk kelas kontrol. Dari hasil uji normalitas dan homogenitas postes siswa diperoleh bahwa data kedua kelas sampel adalah berdistribusi normal dan homogen.
Dari hasil uji hipotesis thitung = 4,1096 dengan taraf nyata α = 0,05 diperoleh ttabel = 1,6662 (thitung > ttabel) yang berarti Ha diterima, sehingga disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa akibat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) pada materi pokok kinematika gerak lurus di kelas X semester I SMA N 3 Medan T.P. 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 FIS 008 |
Keywords: | Kooperatif; GI; Pengetahuan Konseptual; Kinematika Gerak Lurus. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC770 Nuclear and particle physics. Atomic energy. Radioactivity |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 10 May 2016 19:50 |
Last Modified: | 10 May 2016 19:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5180 |