PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP PENGETAHUAN KONSEPTUAL SISWA PADA MATERI POKOK KINEMATIKA GERAK LURUS KELAS X SEMESTER I SMA N 3 MEDAN T.P 2015/2016

Fahruroji (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP PENGETAHUAN KONSEPTUAL SISWA PADA MATERI POKOK KINEMATIKA GERAK LURUS KELAS X SEMESTER I SMA N 3 MEDAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM.409121025.Cover.pdf]
Preview
Text
1. NIM.409121025.Cover.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM.409121025.Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. NIM.409121025.Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM.409121025.Riwayat Hidup.pdf]
Preview
Text
3. NIM.409121025.Riwayat Hidup.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM.409121025.Abstrak.pdf]
Preview
Text
4. NIM.409121025.Abstrak.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM.409121025.Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
5. NIM.409121025.Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM.409121025.Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
6. NIM.409121025.Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM.409121025.Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7. NIM.409121025.Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM.409121025.Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
8. NIM.409121025.Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM.409121025.Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
9. NIM.409121025.Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM.409121025.BAB I.pdf]
Preview
Text
10. NIM.409121025.BAB I.pdf - Published Version

Download (365kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM.409121025.BAB V.pdf]
Preview
Text
14. NIM.409121025.BAB V.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM.409121025.Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
15. NIM.409121025.Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap pengetahuan konseptual siswa pada materi pokok kinematika gerak lurus. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 3 Medan yang berjumlah 11 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 42 orang untuk kelas eksperimen dan 43 orang untuk kelas kontrol.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Sebelum pembelajaran diberikan pada kedua kelas terlebih dahulu dilakukan pretes. Untuk kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 44,7619 dan untuk kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 45,9302. Berdasarkan hasil uji normalitas dan homogenitas pretes siswa diperoleh bahwa data kedua kelas sampel adalah berdistribusi normal dan homogen dengan uji t diperoleh bahwa kemampuan awal kedua kelas sama. Selanjutnya, diberi perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe GI pada kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. Setelah pembelajaran diberikan kemudian pada kedua kelas sampel dilakukan postes. Diperoleh nilai rata-rata 75,8333 untuk kelas eksperimen dan nilai rata-rata 64,5349 untuk kelas kontrol. Dari hasil uji normalitas dan homogenitas postes siswa diperoleh bahwa data kedua kelas sampel adalah berdistribusi normal dan homogen.
Dari hasil uji hipotesis thitung = 4,1096 dengan taraf nyata α = 0,05 diperoleh ttabel = 1,6662 (thitung > ttabel) yang berarti Ha diterima, sehingga disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa akibat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) pada materi pokok kinematika gerak lurus di kelas X semester I SMA N 3 Medan T.P. 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 FIS 008
Keywords: Kooperatif; GI; Pengetahuan Konseptual; Kinematika Gerak Lurus.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics > QC770 Nuclear and particle physics. Atomic energy. Radioactivity
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 10 May 2016 19:50
Last Modified: 10 May 2016 19:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5180

Actions (login required)

View Item
View Item