PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KESULITAN SISWA PADA MATERI POKOK DINAMIKA PARTIKEL DI KELAS X SEMESTE I SMA NEGERI 1 TANJUNG MORAWA T.P 2015/2016

Sihombing, Sarles Suharoiman (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KESULITAN SISWA PADA MATERI POKOK DINAMIKA PARTIKEL DI KELAS X SEMESTE I SMA NEGERI 1 TANJUNG MORAWA T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of FILE_1_JUDUL.pdf]
Preview
Text
FILE_1_JUDUL.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of FILE_2_SURAT PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
FILE_2_SURAT PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (386kB) | Preview
[thumbnail of FILE_3_RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
FILE_3_RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of FILE_4_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
FILE_4_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of FILE_5_KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
FILE_5_KATA_PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of FILE_6_DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
FILE_6_DAFTAR_ISI.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of FILE_7_DAFTAR_GAMBAR.pdf]
Preview
Text
FILE_7_DAFTAR_GAMBAR.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of FILE_8_DAFTAR_TABEL.pdf]
Preview
Text
FILE_8_DAFTAR_TABEL.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[thumbnail of FILE_9_DAFTAR_LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
FILE_9_DAFTAR_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[thumbnail of FILE_10_BAB_I.pdf]
Preview
Text
FILE_10_BAB_I.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[thumbnail of FILE_14_BAB_V.PDF]
Preview
Other
FILE_14_BAB_V.PDF - Published Version

Download (351kB) | Preview
[thumbnail of FILE_15_DAFTAR_PUSTAKA.PDF]
Preview
Other
FILE_15_DAFTAR_PUSTAKA.PDF - Published Version

Download (142kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap hasil belajar dan kesulitan siswa pada materi pokok Dinamika Partikel di kelas X semester I SMA Negeri 1 Tanjung Morawa T.P 2015/2016.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X semester I SMA Negeri 1 Tanjung Morawa T.P. 2015/2016. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling, yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing, dan kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional, masing-masing kelas sebanyak 36 siswa kelas eksperimen dan 38 siswa kelas kontrol, Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen berupa pilihan ganda sebanyak 20 soal dan kesulitan siswa dengan menggunakan lembar observasi yang dilakukan oleh dua observer.
Dari analisa data untuk kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing diperoleh rata-rata pretes 42,22 dengan standard deviasi 9,89 dan nilai rata-rata postes 81,39 dengan standard deviasi 8,67. Pada uji t pretes diperoleh nilai pretes t1=t2 yaitu 1,94=1,94 maka H0 diterima maka kemampuan awal siswa pada kelas eksperimen sama dengan kemampuan awal siswa paa kelas kontrol. Kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh rata-rata Pretes 37,76 dan standard deviasi 9,84 sedangkan rata-rata 75,66 Postes dengan standard deviasi 9,24. Kedua kelas berdistribusi normal dan memiliki variasi yang homogen. Hasil uji thitung adalah 2,750 sedangkan ttabel adalah 1,541 (2,750 > 1,541). Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Dinamika Partikel di kelas X semester I SMA Negeri 1 Tanjung Morawa T.P 2015/2016. Setelah dianalisis dari grafik kesulitan siswa, Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing menurunkan persentasi siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar Fisika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 FIS 010
Keywords: Kesulitan Belajar; Model Pembelajaran; Dinamika Gerak Lurus
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics > QC170 Atomic physics. Constitution and properties of matter including molecular physics, relativity, quantum theory, and solid state physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 10 May 2016 19:44
Last Modified: 10 May 2016 19:44
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5179

Actions (login required)

View Item
View Item