PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA

Sukmarani, Tiyas and Bunawan, Wawan (2021) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika (INPAFI), 09 (02). pp. 55-64. ISSN 2549-8258

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (750kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) karakteristik modul berbasis discovery learning yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar; 2) tingkat kelayakan modul discovery learning; 3) peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa setelah menggunakan modul berbasis discovery learning. Jenis penelitian ini adalah Research and development (R&D) dengan desain penelitian ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implementation, and Evaluation). Produk hasil pengembangan berupa modul fisika berbasis discovery learning pada materi momentum dan tumbukan. Populasi yaitu seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Simpang Kanan Tahun Ajaran 2018/2019. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling dan diberikan perlakuan berbeda, kelas X MIA 3 sebagai kelas eksperimen berjumlah 28 siswa dengan menggunakan modul dan kelas X MIA 1 sebagai kelas kontrol berjumlah 28 siswa tanpa menggunakan modul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) karakteristik modul berbasis discovery learning sesuai dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa; (2) modul yang dikembangkan layak digunakan berdasarkan penilaian dosen ahli dan guru mata pelajaran fisika dengan nilai rata-rata sebesar 3,56 dan hasil respon siswa dengan nilai 3,49; (3) uji coba modul berbasis discovery learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dengan nilai standar gain 0,8 serta mampu meningkatkan hasil belajar siswa dengan nilai standar gain 0,8.

Item Type: Article
Additional Information: 530.071 2 Suk p
Keywords: Discovery learning; Berpikir kritis; Modul; Hasil belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF309 Consciousness. Cognition
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 17 Apr 2023 07:47
Last Modified: 17 Apr 2023 07:47
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51767

Actions (login required)

View Item
View Item