Sukmarani, Tiyas and Bunawan, Wawan (2021) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika (INPAFI), 09 (02). pp. 55-64. ISSN 2549-8258
Fulltext.pdf - Published Version
Download (750kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) karakteristik modul berbasis discovery learning yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar; 2) tingkat kelayakan modul discovery learning; 3) peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa setelah menggunakan modul berbasis discovery learning. Jenis penelitian ini adalah Research and development (R&D) dengan desain penelitian ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implementation, and Evaluation). Produk hasil pengembangan berupa modul fisika berbasis discovery learning pada materi momentum dan tumbukan. Populasi yaitu seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Simpang Kanan Tahun Ajaran 2018/2019. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling dan diberikan perlakuan berbeda, kelas X MIA 3 sebagai kelas eksperimen berjumlah 28 siswa dengan menggunakan modul dan kelas X MIA 1 sebagai kelas kontrol berjumlah 28 siswa tanpa menggunakan modul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) karakteristik modul berbasis discovery learning sesuai dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa; (2) modul yang dikembangkan layak digunakan berdasarkan penilaian dosen ahli dan guru mata pelajaran fisika dengan nilai rata-rata sebesar 3,56 dan hasil respon siswa dengan nilai 3,49; (3) uji coba modul berbasis discovery learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dengan nilai standar gain 0,8 serta mampu meningkatkan hasil belajar siswa dengan nilai standar gain 0,8.
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information: | 530.071 2 Suk p |
Keywords: | Discovery learning; Berpikir kritis; Modul; Hasil belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF309 Consciousness. Cognition L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 17 Apr 2023 07:47 |
Last Modified: | 17 Apr 2023 07:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51767 |