PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) BERBASIS MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS

Saragih, Vinensia Cecilia and Bunawan, Wawan (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) BERBASIS MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika (INPAFI), 08 (02). pp. 24-30. ISSN 2549-8258 (In Press)

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (393kB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) berbasis macromedia flash efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Negeri 7 Medan. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 7 Medan yang terdiri dari dua kelas, kelas X MIPA 5 sebagai kelas eksperimen yang menerapkan model Kooperatif tipe GI dan Kelas X MIPA 3 sebagai kelas kontrol yang menerapkan pembelajaran konvensional yang masing-masing berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar yakni tes pilihan berganda yang terdiri dari 15 item. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling. Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 33,56 dan kelas kontrol 30,46 sedangkan nilai rata-rata postes kelas eksperimen 77,33 dan kelas kontrol 73,33. Berdasarkan indikator efektifitas pada kelas kontrol diperoleh ketuntasan belajar siswa secara individual, terdapat 19 siswa yang tuntas dalam belajar yang memperoleh ≥ 70, sedangkan ketuntasan belajar secara klasikal terhadap hasil belajar adalah sebesar 63 %. Persentase interpretasi gain ternormalisasi adalah 0,60 atau 60% terdapat dalam kategori sedang dan kelas eksperimen diperoleh ketuntasan belajar siswa secara individual, terdapat 28 siswa yang tuntas dalam belajar yang memperoleh ≥ 70, sedangkan ketuntasan belajar secara klasikal terhadap hasil belajar adalah sebesar 93 %. Persentase aktivitas belejar siswa diperoleh 30 siswa dengan aktivitas belajar sangat aktif, sedangkan interpretasi gain ternormalisasi adalah 0,65 atau 65% terdapat dalam kategori sedang. Dapat disimpulkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) berbasis macromedia flash dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa.

Item Type: Article
Additional Information: 530.071 2 Sar p
Keywords: Kooperatif group investigation; Hasil belajar; Aktivitas belajar; Momentum; Impuls
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 17 Apr 2023 06:53
Last Modified: 17 Apr 2023 07:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51761

Actions (login required)

View Item
View Item