Sahyar and Bunawan, Wawan (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATERI GELOMBANG BERBASIS PISA (PROGRAMME FOR INTERNATIONAL STUDENT ASSESSMENT) PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA. Jurnal Pendidikan Fisika, 08 (02). pp. 114-119. ISSN 2252-732X
Fulltext.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
Abstract
Kompetensi siswa Indonesia dalam menyelesaikan soal-soal sains berbasis literasi PISA masih relatif rendah dibandingkan negara ASIA bahkan negara ASEAN. Penelitian bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar materi gelombang berbasis literasi PISA untuk matakuliah Fisika dasar di Program studi Penidikan Fisika Unimed semester pertama tahun 2019/220. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan tahapan Analyze Design Develop Implement Evaluate (ADDIE). Kompetensi berbasis PISA meliputi kompetensi dalam menjelaskan fenomena sains, kompetensi dalam mengevaluasi dan merancang eksperimen sains dan kompetensi dalam menginterpretasi data hasil eksperimen sains. Pada tahapan analisis diperoleh bahwa bahan ajar gelombang yang tersedia belum mendukung sepenuhnya tuntutan kompetensi PISA. Pada tahapan desain disusun bahan ajar gelombang dengan memberikan penekanan pada capaian kompetensi PISA. Pada tahap pengembangan materi bahan ajar divalidasi oleh ahli materi dant dilakukan revisi sesuai masukan ahli. Pada tahap implementasi, bahan ajar diuji coba pada kelompok kecil mahasiswa dan dilakukan revisi pada bahan aspek kompetensi penyelidikan sains dan interpretasi data sesuai dengan kesulitan yang ditemukan di lapangan. Pada tahap evaluasi bahan ajar diterapkan pada mahasiswa program sarjana Pendidikan Fisika. Hasil yang diperoleh: ada peningkatan respons mahasiswa dan peningkatan kompetensi berbasis PISA mahasiswa dalam menggunakan bahan ajar gelombang yang telah dikembangkan.
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information: | 530.124 Sah p |
Keywords: | Kompetensi sains; Bahan ajar; Gelombang |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QC Physics > QC120 Descriptive and Experimental mechanics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 17 Apr 2023 04:49 |
Last Modified: | 17 Apr 2023 07:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51752 |