MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIFITAS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI SD NEGERI 060954 MEDAN T.A 2014/2015

Roesdana, Septiyan (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIFITAS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI SD NEGERI 060954 MEDAN T.A 2014/2015. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01. Cover.pdf]
Preview
Text
01. Cover.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of 02. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf]
Preview
Text
02. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[thumbnail of 03. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
03. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[thumbnail of 04. KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
04. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[thumbnail of 05. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
05. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 06. DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
06. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 07. DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
07. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 08. DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
08. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 09. BAB I.pdf]
Preview
Text
09. BAB I.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[thumbnail of 13. BAB V.pdf]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (23kB) | Preview
[thumbnail of 14. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk memperoleh gambaran faktual mengenai peningkatan hasil belajar dan aktifitas siswa dengan menggunakan model problem based learning di SD Negeri 060954 Medan T.A 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan pada bidang studi PKn, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas Va yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar APKG, lembar observasi aktifitas belajar siswa dan tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian diperoleh: (1) rata-rata skor aktifitas siswa secara klasikal selama siklus I sebesar 2,31 (belum aktif) dengan jumlah siswa yang aktif belajar sebesar 58,5% dan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 65,1 pada nilai kognitif dan 58 pada nilai psikomotor, dengan ketuntasan klasikal sebesar 45,7% pada ranah kognitif dan 31,4% pada ranah psikomotor; dan (2) rata-rata skor aktivitas siswa secara klasikal selama siklus II sebesar 2,68 (aktif) dengan jumlah siswa yang aktif belajar sebesar 85,7% dan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II sebesar 74,86 pada nila kognitif dan 69,25 pada nila psikomotor dengan ketuntasan klasikal sebesar 85,7% pada ranah kognitif dan 88,5% pada ranah psikomotor. Dengan demikian disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning terbukti dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa di kelas Va SD Negeri 060954 Medan T.A. 2014/2015. Hal ini dibuktikan dari adanya peningkatan aktifitas belajar siswa sebesar 27,2% yaitu persentase siswa yang aktif belajar pada siklus II (85,7%) lebih besar dibandingkan pada siklus I (58,5%), serta peningkatan persentase ketuntasan belajar siswa pada aspek kognitif secara klasikal sebesar 40% dari siklus I ke siklus II, serta peningkatan ketuntasan belajar siswa pada aspek psikomotor secara klasikal sebesar 57,1% dari siklus I ke siklus II.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.832 Roe m
Keywords: Hasil belajar; Problem based learning; Pkn
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 10 May 2016 19:19
Last Modified: 10 May 2016 19:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5175

Actions (login required)

View Item
View Item