LAPORAN KEMAJUAN PENELITIAN TERAPAN PENGEMBANGAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) TERPADU SEBAGAI PLATFORM E-LEARNING PEMBELAJARAN IPS SMP

Sidauruk, Tumiar and Berutu, Nurmala and Yenni, Novida and Rizkia, Elia and Rinaldy, Muhammad (2021) LAPORAN KEMAJUAN PENELITIAN TERAPAN PENGEMBANGAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) TERPADU SEBAGAI PLATFORM E-LEARNING PEMBELAJARAN IPS SMP. Project Report. LPPM Universitas Negeri Medan, Medan.

[thumbnail of Report.pdf]
Preview
Text
Report.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan utama penelitian pada jangka panjang adalah untuk mengembangkan
LMS pembelajaran daring pada jenjang pendidikan SMP. Tujuan khusus penelitian ini
adalah (1) Mendesain dan mengembangkan LMS sebagai platform pembelajaran daring
untuk IPS SMP (2) Mengevaluasi kelayakan dan efektifitas LMS pada pembelajaran
daring untuk IPS SMP (3) Menganalisis respon siswa terhadap penggunaan LMS
dalam pembelajaran daring. Luaran dalam penelitian ini berupa luaran wajib yaitu
publikasi di jurnal internasional terindeks. Luaran tambahan yakni pemakalah pada
seminar Internasional 2021 dan hak cipta. Penelitian ini berkontribusi pada digitalisasi
pendidikan khususnya pada media pembelajaran sangat dibutuhkan dalam proses
pembelajaran daring. Media pembelajaran ini akan meningkatkan kualitas pembelajaran
khususnya pada bidang studi IPS SMP.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau R&D (Research and
Development). Pengembangan LMS dilakukan dengan model ADDIE (Analysis,
Design, Development, Implementation and Evaluation). Platform yang digunakan
adalah Edmodo. Teknik pengumpulan data terdiri atas: (1) Kuesioner dengan
instrument berupa lembar validasi oleh ahli materi dan ahli media, kuesioner guru
dansiswa (3) Teknik studi dokumenter untuk mendapatkan data terkait pembelajaran
IPS SMP seperti silabus, RPP, buku IPS Kurikulum 2013 dan lainnya. Teknik analisa
data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif kualitatif. Langkah
analisis data terdiri atas reduksi, diplaying data, verifikasi data dan kesimpulan data
(conclusion drawing). Hasil penelitian menunjukkan LMS Emodo yang dikembangkan
untuk pembelajaran IPS SMP sudah pada kategori sangat layak untuk digunakan dalam
pembelajaran.

Item Type: Monograph (Project Report)
Keywords: LMS; e-learning; pembelajaran IPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC1099 Multicultural education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 17 Apr 2023 02:07
Last Modified: 17 Apr 2023 02:07
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51741

Actions (login required)

View Item
View Item