Delita, Fitra and Berutu, Nurmala and Rahmadi, M. Taufik and Hasibuan, Yuni Sahara and Tanjung, Nurjannah (2021) LAPORAN AKHIR PENELITIAN TERAPAN INOVASI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL BERBASIS SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X SMA SE PROVINSI SUMATERA UTARA. Project Report. LPPM Universitas Negeri Medan, Medan.
Report.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengevaluasi kelayakan media digital pada mata
pelajaran geografi Kelas X SMA, (2) Mengevaluasi efektifitas produk media digital dalam
meningkatkan proses dan hasil belajar Geografi siswa SMA. Luaran dalam penelitian ini
berupa luaran wajib yaitu prototipe media digital, publikasi di jurnal terindeks scopus, KI
berupa paten media digital. Luaran tambahan yakni publikasi pada jurnal nasional dan hak
cipta. Penelitian ini berkontribusi pada digitalisasi pendidikan khususnya pada media
pembelajaran sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran daring maupun luring. Media
pembelajaran ini akan meningkatkan kualitas pembelajaran geografi.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau R&D (Research and
Development). Produk yang dikembangkan berupa media pembelajaran berbasis digital
dengan menggunakan berbagai software CMS dalam bentuk website. Pengembangan media
dilakukan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and
Evaluation). Kemudian uji coba media menggunakan metode eksperimen. Teknik
pengumpulan data terdiri atas:tes untuk mendapatkan data peningkatan hasil belajar siswa
melalui pretes dan postes, observasi untuk mengamati uji coba media dalam pembelajaran
di kelas, lembar validasi oleh ahli materi dan ahli media serta kuesioner untuk memperoleh
data aspek digital literacy serta studi dokumenter untuk mendapatkan data terkait
pembelajaran geografi SMA seperti silabus, RPP, buku geografi Kurikulum 2013 dan
lainnya. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik kuantitatif.
Data validasi tim pakar dikategorikan secara statistic deskriptif dalam bentuk persentase dan
skor rata-rata. Sedangkan data hasil belajar dan digital literacy dianalisis dengan statistic
inferensial yaitu independent samples t-test dengan bantuan software SPSS. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa media digital pembelajaran Geografi pada kategori sangat layak oleh
tim ahli dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Penerapan media pembelajaran
digital lebih efektif dan secara signifikan dapat meningkatkan digital literacy dan hasil
belajar pada siswa.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Keywords: | media pembelajaran digital; digital literacy; learning outcomes |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 17 Apr 2023 01:58 |
Last Modified: | 17 Apr 2023 01:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51740 |