Delita, Fitra and Berutu, Nurmala and Rahmadi, M. Taufik and Syahputra, DTM. Damai and Simangunsong, Santa M. (2020) LAPORAN AKHIR PENELITIAN TERAPAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL SEBAGAI BAHAN AJAR GURU GEOGRAFI SE PROVINSI SUMATERA UTARA. Technical Report. LPPM Universitas Negeri Medan, Medan.
Report.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) Menganalisis pelaksanaan e-learning yang dilakukan
guru pada mata pelajaran geografi, (2)Mengembangkan media digital pada mata pelajaran
geografi, (3) Menganalisis kelayakan produk media digital pada mata pelajaran geografi.
Luaran dalam penelitian ini berupa luaran wajib yaitu prototipe media digital, publikasi di
jurnal terindeks scopus (F1000 UK), KI dan hak cipta media digital. Luaran tambahan yakni
pemakalah pada seminar Internasional IC2RSE 2-6 November 2020. Penelitian ini
berkontribusi pada digitalisasi pendidikan khususnya media pembelajaran. Media
pembelajaran ini akan meningkatkan kualitas pembelajaran geografi khususnya bagi guru
geografi se Sumatera Utara.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau R&D (Research and
Development). Pengembangan media dilakukan dengan model ADDIE (Analysis,
Design, Development, Implementation and Evaluation). Teknik pengumpulan data terdiri
atas: (1) Teknik observasi dengan instrument lembar observasi untuk mencatat hal hal
terkait uji coba media oleh guru di kelas, (2) Teknik komunikasi tidak langsung dengan
instrument berupa lembar validasi oleh ahli materi dan ahli media, (3) Teknik studi
dokumenter untuk mendapatkan data terkait pembelajaran geografi SMA seperti silabus,
RPP, buku geografi Kurikulum 2013 dan lainnya. Teknik analisa data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif kualitatif. Langkah analisis data terdiri
atas reduksi, diplaying data, verifikasi data dan kesimpulan data (conclusion drawing).
Hasil penelitian antara lain pelaksanaan E-learning pada mata pelajaran Geografi
oleh guru dilaksanakan melaui berbagai platform atau aplikasi seperti WA grup, google
classroom, zoom, facebook, quipper, google form, youtube, edmodo, quizzy, blog, kahoot,
webex, telepon dan website sekolah. Kendala dalam pelaksanaan e-learning antara lain
jaringan internet, siswa tidak mempunyai alat/ fasilitas pendukung, kendala waktu dan biaya
paket data. Pengembangan media pembelajaran berbasis digital yang dikembangkan dalam
bentuk video animasi pada materi SIG menggunakan powtoon dan animaker. Setelah
pengembangan dan validasi tahap pertama oleh ahli media, ahli materi dan guru geografi,
media direvisi kembali sesuai saran yang diberikan ahli dan guru. Hasil validasi tahap
kedua dari ahli media, ahli materi dan guru menayatakan media ini sangat layaka untuk
digunakan dalam proses pembelajaran geografi khusus materi Sistem Informasi Geografi di
kelas X SMA/MA.
Item Type: | Monograph (Technical Report) |
---|---|
Keywords: | pengembangan; media pembelajaran digital; geografi |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 17 Apr 2023 01:47 |
Last Modified: | 17 Apr 2023 01:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51739 |