LAPORAN AKHIR PENELITIAN DASAR PENGEMBANGAN SISTEM PENUGASAN TERINTEGRASI BERBASIS E-LEARNING PADA PERKULIAHAN DI JURUSAN PENDIDIKAN GEOGRAF

Sidauruk, Tumiar and Berutu, Nurmala and Delita, Fitra and Tanjung, Nurjannah and Ibrahim, Suaib (2020) LAPORAN AKHIR PENELITIAN DASAR PENGEMBANGAN SISTEM PENUGASAN TERINTEGRASI BERBASIS E-LEARNING PADA PERKULIAHAN DI JURUSAN PENDIDIKAN GEOGRAF. Project Report. LPPM Universitas Negeri Medan, Medan.

[thumbnail of Report.pdf]
Preview
Text
Report.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Menganalisis proses dalam mendesain dan
melaksanakan sistem 6 penugasan terintegrasi di Jurusan Pendidikan Geografi, (2)
Mengevaluasi efektivitas dan efisiensi sistem 6 penugasan terintegrasi di Jurusan Jurusan
Pendidikan Geografi. Luaran dalam penelitian ini meliputi luaran wajib berupa publikasi
jurnal terindeks scopus (F1000) dan luaran tambahan berupa pemakalah pada seminar
Internasional IC2RSE 2-6 November 2020. Kontribusi terhadap ilmu pengetahuan yaitu
model pengembangan penugasan dan buku ajar sebagai rujukan dalam pembelajaran serta
kontribusi terhadap lingkungan yaitu penugasan berbasis e-learning yang akan menghemat
penggunaan kertas (paper less).
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau R&D (Research and
Development). Pengembangan model 4D pada penelitian ini terdiri dari empat tahap
yaitu: tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan
(develop) dan tahap pendiseminasian (disseminate). Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh mahasiswa angkatan 2018 sebanyak 105 orang yang tersebar di 4 kelas. Sampel
dalam penelitian ini adalah 2 kelas yang ditentukan secara random sampling. Setelah
diundi dapat ditentukan sampel yaitu kelas A 2018 yang berjumlah 28 mahasiswa dan
Kelas D 2018 (27 orang). Teknik pengumpulan data terdiri dari teknik observasi dengan
instrument lembar observasi untuk melihat penerapan 6 tugas perkuliahan secara
terintegrasi, teknik komunikasi tidak langsung dengan instrument berupa kuesioner untuk
mengukur efektifitas dan efiseiensi sistem penugasan terintegrasi di Jurusan Pendidikan
Geografi. Kuesioner ini diisi oleh mahasiwa, teknik studi dokumenter untuk mendapatkan
data terkait karakteristik mata kuliah. Dokumen tersebut berupa RPS dan kontrak
perkuliahan. Langkah analisis data terdiri atas reduksi, diplaying data, verifikasi data dan
kesimpulan data (conclusion drawing).
Hasil penelitian yaitu penugasan terintegrasi didesain mencakup integrasi dalam
bentuk penugasan dan mata kuliah. Bentuk penugasan yang diintegrasikan meliputi Tugas
Critical Book Report (CBR), Tugas Critical Journal Review (CJR), Tugas Mini Riset (MR),
Tugas Rekayasa Ide (RI) dan Tugas Project (PR). Sedangkan mata kuliah yang
penugasannnya terintegrasi adalah Perencanaan Pembelajaran Geografi (PPG),
Pengembangan Bahan Ajar Geografi (PBAG), Evaluasi Hasil Belajar Geografi (EHBG) dan
Pengalaman Lapangan Persekolahan (PLP) 1. Platform E-Learning yang digunakan adalah
SIPDA Unimed. Mahasiswa memberikan respon yang positif terhadap penugasan
terintegrasi berbasis e-learning karena kemudahan dan penghematan biaya

Item Type: Monograph (Project Report)
Keywords: efektifitas; penugasan terintegrasi; e-learning
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2381 Academic degrees
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 17 Apr 2023 01:43
Last Modified: 17 Apr 2023 01:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51738

Actions (login required)

View Item
View Item