PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE INQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN 4C SISWA DI SMA

Sipayung, Hani Diana and Rahmatsyah and Sani, Ridwan Abdullah and Bunawan, Wawan and Lubis, Rajo Hasim (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE INQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN 4C SISWA DI SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 08 (01). pp. 29-38. ISSN 2252-732X

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (394kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran collaborative inquiry dalam meningkatkan keterampilan 4C (Collaboration, Communication, Critical Thinking and Creativity) siswa untuk pembelajaran fisika pada materi impuls, momentum dan tumbukan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 7 Medan semester II tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan cluster random class, kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran collaborative inquiry dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Variabel dalam penelitian terdiri dari keterampilan 4C sebagai variabel terikat dan model collaborative inquiry sebagai variabel bebas. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan uji-t satu pihak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan 4C siswa dengan model pembelajaran collaborative inquiry lebih baik dibandingkan dengan keterampilan 4C siswa dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Article
Additional Information: 371.3 Pen
Keywords: Collaborative inquiry; Collaboration; Communication; Critical thinking; Creativity
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 14 Apr 2023 08:06
Last Modified: 14 Apr 2023 08:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51727

Actions (login required)

View Item
View Item