Laoli, Yarni and Bunawan, Wawan (2017) IMPLEMENTASI PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika (INPAFI), 05 (04). pp. 82-90. ISSN 2549-8258
Fulltext.pdf - Published Version
Download (505kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi pedagogical content knowledge (PCK) berbasis inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian adalah quasi eksperimen dengan desain two group pre-test and pos-test. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas XI di salah satu sekolah negeri di kota Binjai. Sampel penelitian diambil dengan teknik random sampling, yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan implementasi PCK berbasis inkuiri terbimbing, sedangkan kelas kontrol diberikan perlakuan dengan pembelajaran konvensional, masing-masing kelas sebanyak 35 siswa. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen berupa tes pilihan ganda sebanyak 15 soal dan observasi aktivitas siswa. Hasil analisis data pretes menunjukkan kemampuan awal siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol sama. Setelah diberikan perlakuan, diperoleh rata-rata postes kelas eksperimen 69,71 dengan standar deviasi 10,64, dan kelas kontrol 51,80 dengan standar deviasi 9,97. Rata-rata persentasi aktivitas belajar siswa selama empat kali pertemuan sebesar 72,61% dengan kategori aktif. Hasil uji t postes menunjukkan thitung > ttabel, sehingga disimpulkan bahwa ada pengaruh implementasi PCK berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information: | 530.071 2 Lao i |
Keywords: | Pedagogical content knowledge; Inkuiri terbimbing; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 14 Apr 2023 07:16 |
Last Modified: | 14 Apr 2023 07:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51720 |