Patresya, Helena (2016) EFEK MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GERAK LURUS KELAS X SEMESTER 1 DI SMA NEGERI 1 NAMORAMBE T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4103121030 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM. 4103121030 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
3. NIM. 4103121030 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
4. NIM. 4103121030 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
5. NIM. 4103121030 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
6. NIM. 4103121030 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
7. NIM. 4103121030 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
8. NIM. 4103121030 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
9. NIM. 4103121030 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
10. NIM. 4103121030 BAB I.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
14. NIM. 4103121030 BAB V.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
15. NIM. 4103121030 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek model pembelajaran inkuiri menggunakan media animasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi gerak lurus kelas X semseter I di SMA Negeri 1 Namorambe T.P 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X Semester I SMA Negeri 1 Namorambe yang terdiri dari 5 kelas berjumlah 162 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 5 kelas secara acak yaitu kelas X – 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X – 5 sebagai kelas kontrol. Kedua kelas berjumlah 60 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk essay dengan jumlah soal 10 item yang telah divalidkan oleh validator.
Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 18,2 dengan standar deviasi 6,53, dan nilai rata-rata kelas kontrol 18,37 dengan standar deviasi 8,06. Pada pengujian normalitas untuk pretes diperoleh pada kelas eksperimen dengan Lhitung = 0,1217 dan Ltabel = 0,1610, untuk kelas kontrol dengan Lhitung = 0,1156, dan Ltabel = 0,1610, sehingga diperoleh Lhitung < Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,52 dan Ftabel = 1,86 sehingga Fhitung < Ftabel , maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran inkuiri menggunakan media animasi dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 75,83 dengan standar deviasi 13,19 dan kelas kontrol 70,3 dengan standar deviasi 10,97. Hasil uji t satu pihak dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh thitung = 1,75 dan ttabel = 1,67, sehingga thitung > ttabel maka Ha diterima dan H0 ditolak, dengan demikian disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran inkuiri menggunakan media animasi berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi gerak lurus di kelas X semester I SMA Negeri 1 Namorambe T.P 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 FIS 004 |
Keywords: | Quasi Experiment; Model Pembelajaran Inkuiri; Konvensional; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC474 Radiation physics (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 10 May 2016 19:05 |
Last Modified: | 10 May 2016 19:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5172 |