IMPLEMENTASI PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) DALAM PEMBELAJARAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK MOMENTUM DAN IMPULS

Tarigan, Melly Palentina Br. and Bunawan, Wawan (2017) IMPLEMENTASI PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) DALAM PEMBELAJARAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK MOMENTUM DAN IMPULS. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika (INPAFI), 05 (03). pp. 35-45. ISSN 2549-8258

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (583kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa akibat penerapan PCK dalam pembelajaran saintifik pada materi pokok momentum dan impuls kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Morawa T.P 2016/2017. Jenis penelitian adalah quasi exsperiment dengan desain two group pre-test dan pos-test. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Morawa dan sampel penelitian diambil dengan teknik random sampling terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen X MIA- 2 dan kelas kontrol X MIA-5 yang masing-masing berjumlah 33 siswa dan 35 siswa. Data penelitian ini diperoleh dengan instrumen pilhan berganda sebanyak 15 soal, lembar observasi aktivitas dan pengujian hipotesis dengan uji t. Berdasarkan analisa data untuk kelas eksperimen diperoleh rata-rata pretes 44,24 dan postes 78,03. Kelas kontrol diperoleh rata-rata pretes 39,57 dan postes 71,6. Analisis uji normalitas dan uji homogenitas pada kedua kelas menjelaskan bahwa populasi berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Aktivitas belajar kelas eksperimen pada pertemuan I,II dan III adalah 65,10 (cukup aktif), 76,00 (aktif) dan 80,20 (aktif). Hasil uji t postes thitung adalah 3,18 sedangkan ttabel adalah 1,671 pada taraf nyata 0,05 dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh PCK dalam pembelajaran saintifik untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok momentum dan impuls kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Morawa.

Item Type: Article
Additional Information: 530.071 2 Tar i
Keywords: Pedagogical content knowledge; Pembelajaran saintifik; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 14 Apr 2023 07:04
Last Modified: 14 Apr 2023 07:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51719

Actions (login required)

View Item
View Item