PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBAIS PBL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATA PELAJARAN EKONOMI

Sari, Indah Permata and Arwansyah and Hasyim (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBAIS PBL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATA PELAJARAN EKONOMI. El-Buhuth: Borneo Journal of Islamic Studies LPPM UINSI Samarinda, 4 (1). pp. 81-92. ISSN 2621-9972; e-ISSN: 2621-9999)

[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (385kB) | Preview
[thumbnail of Turnitin.pdf]
Preview
Text
Turnitin.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat dan mengembangkan modul pembelajaran berbasis Problem Based Learning pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS MAN 1 Padang Lawas yang dapat mendukung pembelajaran sehingga membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4D. Selain itu, penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui kemampuan peningkatan pemecahan masalah siswa dalam pemebelajaran ekonomi. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 Padang Lawas. teknik pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling. Hasil penelitian ini adalah modul pembelajaran ekonomi berbasis Problem Based Learning yang dikembangkan memenuhi syarat kelayakan (valid) untuk digunakan sebagai modul pembelajaran pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS. Produk yang dikembangkan, berdasarkan penilaian dari aspek materi, desain pembelajaran dan aspek modul pembelajaran yang dilakukan oleh ahli dan juga respon ataupun tanggapan dari siswa diperoleh persentase rata-rata 89% masuk dalam kategori “sangat layak” dan kemampuan pemecahan masalah siswa menggunakan modul yang dikembangkan mengalami peningkatan.

Item Type: Article
Keywords: Modul; Problem Based Learning; Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 10 Apr 2023 22:15
Last Modified: 10 Apr 2023 22:49
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51687

Actions (login required)

View Item
View Item