Rizky, Viky and Damanik, Suryadi and Siregar, Samsuddin (2021) Gaya Mengajar Inklusi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pukulan Forehand Drive Tenis Meja pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Indonesian Sport Innovation Review, 02 (01). pp. 52-71. ISSN 2746-6965; 2774-2520
Turnitin.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
Abstract
ujuan penelitian. Untuk mengetahui besarnya peningkatan hasil belajar
diperoleh forehand drive kelas VIII SMP Negeri 9 Binjai tahun 2019/2020 melalui inklusi
gaya mengajar.
Bahan dan metode. Sampel dalam penelitian ini adalah 38 siswa kelas VIII. Untuk menganalisa
data dalam penelitian ini dan untuk mengetahui hasil dilihat dari ketuntasan siswa
individual dan klasikal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas.
Pada penelitian ini dilakukan tes hasil belajar dalam bentuk portofolio, dengan
menggunakan metode gaya mengajar inklusi, kemudian diadakan tes hasil belajar pada siklus I dan siklus II
berupa melakukan teknik dasar Forehand Drive Punch.
Hasil. Hasil tes awal yang dilakukan pada siswa kelas VIII SMP N 9 Binjai. Dari
dari 38 siswa terdapat 11 siswa (27,64%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan
pembelajaran dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 64,90%. Hasil yang pertama
siklus, terdapat 19 siswa (50%) dari 38 siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan
pembelajaran dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa 68,41%. Pada siklus II ada
33 siswa (86,84%) dari 38 siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan
nilai rata-rata 80,04.
Kesimpulan. Hasil tes awal belajar siswa melakukan siklus I dan seterusnya
siklus kedua meningkat, danpat mengatakan melalui gaya mengajar inklusi dapat meningkatkan kemampuan siswa
hasil belajar.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | inclusion teaching; forehand drive; learning result |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 10 Apr 2023 08:15 |
Last Modified: | 10 Apr 2023 14:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51673 |