Pasaribu, Mia Arizka (2022) Pengaruh Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectual) Terhadap Hasil Belajar Pada Siswa Kelas V SDN 060849 Medan Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1183111127_COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM. 1183111127_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
3. NIM. 1183111127_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
4. NIM. 1183111127_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
5. NIM. 1183111127_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
6. NIM. 1183111127_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
7. NIM. 1183111127_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. NIM. 1183111127_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
13. NIM. 1183111127_BAB V.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
9. NIM. 1183111127_BAB I.pdf - Published Version
Download (540kB) | Preview
14. NIM. 1183111127_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dan kurangnya penerapan model pembelajaran yang inovatif. Penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran SAVI
(Somatic, Auditory, Visualization, Intellectual) terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 060849 Medan T.A 2021/2022. Penelitian kuantitatif deskriptif pada penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen dengan model Quasi Eksperimen Design yang berbentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 060849 Medan pada T,A 2021/2022. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas V-C (kelas eksperimen) yang berjumlah 26 siswa dan kelas V-D (kelas kontrol) yang
berjumlah 24 orang siswa. Instrumen yang digunakan yaitu tes dalam bentuk pilihan berganda. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan metode statistik Uji-t. Hasil analisis data menunjukan bahwa rata-rata hasil belajar dengan
menggunakan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectual) pada kelas eksperimen yaitu 84,03 sedangkan rata-rata hasil belajar yang tidak menggunakan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory,
Visualization, Intellectual) pada kelas kontrol yaitu 73,12. Pada uji normalitas, diketahui bahwa hasil pre-test dan post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal dengan perolehan nilai pada kelas kontrol pre-test Hasil Uji = 0,129 > α = 0,050 dan pada hasil post-test Hasil Uji = 0,153 > α = 0,050 sedangkan pada kelas kontrol pre-test Hasil Uji = 0, 200 > α = 0,050 dan pada hasil post-test Hasil Uji = 0,055 > α = 0,050. Hasil uji homogenitas data penelitian, diketahui bahwa data penelitian berasal dari sampel-sampel yang homogen dengan perolehan nilai uji homogenitas 0,348 > 0,05. Data dianalisis dengan uji hipotesis menggunakan uji-T independent sample t-test dengan taraf signifikan α = 0,05 dan degree of freedom (df) = 48. Dari hasil uji hipotesis
diperoleh thitung > ttabel ( 4,967 > 1,677) atau Ha ditolak dan H1. Sehingga dapat dinyatakan bahwa Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara penerapan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectual) terhadap hasil belajar pada siswa kelas V SDN 060849 Medan T.A 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil Belajar; Model Pembelajaran; Somatic Auditory Visualization Intellectual |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 18 Apr 2023 03:17 |
Last Modified: | 18 Apr 2023 03:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51656 |