Nirwana, - (2022) Pengembangan Media Quiz Games Berbasis ICT Pada Tema 3 Subtema 4 Di Kelas II SD Negeri 060957 Medan Belawan Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1183311061_COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM. 1183311061_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
3. NIM. 1183311061_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
4. NIM. 1183311061_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (366kB) | Preview
5. NIM. 1183311061_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
6. NIM. 1183311061_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
7. NIM. 1183311061_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 1183311061_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 1183311061_BAB I.pdf - Published Version
Download (360kB) | Preview
13. NIM. 1183311061_BAB V.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
14. NIM. 1183311061_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
Abstract
Penelitian pengembangan ini dilaksanakan berdasarkan permasalahan yang ditemukan di lapangan mengenai kurangnya pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran dan kurangnya ketersediaan media pembelajaran sehingga peserta didik menjadi bosan dan kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui kelayakan media quiz games berbasis ICT pada tema 3 subtema 4 di kelas II SD Negeri 060957 Belawan; (2)
untuk mengetahui praktikalitas media quiz games berbasis ICT pada tema 3 subtema 4 di kelas II SD Negeri 060957 Belawan; dan (3) untuk mengetahui efektivitas media quiz games berbasis ICT pada tema 3 subtema 4 di kelas II SD Negeri 060957 Belawan. Penelitian ini menggunakan penelitian dan
pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah 19 orang siswa kelas II SD Negeri 060957 Belawan. Penelitian ini menghasilkan produk media quiz games berbasis ICT “Powerpoint”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji validasi ahli materi mendapatkan skor 96 dengan persentase 96%, uji validasi media mendapatkan skor 122 dengan persentase 97,6% dan rata-rata validasi media dan validasi materi adalah 96,9% berada pada kategori sangat layak. Kepraktisan media pembelajaran yang divalidasi oleh
praktisi pendidikan (guru kelas) mendapatkan skor 96 dengan persentase 96% berada pada kategori sangat praktis. Sedangkan untuk efektivitas dapat dilihat dari hasil belajar peserta didik sebelum dilakukan uji coba produk menggunakan pretest
dengan rata-rata 54,38 dan setelah dilakukan uji coba produk menggunakan post-test dengan rata-rata 86,41 mengalami peningkatan sebesar 32,23. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa media quiz games berbasis ICT pada tema 3 subtema 4 sangat layak,
sangat praktis dan efektif digunakan untuk pembelajaran kelas II SD
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Penelitian dan Pengembangan; Model Pengembangan ADDIE; Quiz Games |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 06 Apr 2023 03:16 |
Last Modified: | 06 Apr 2023 03:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51621 |