Sumarno (2015) EMPLOYABILITY SKILL PADA ERA ASEAN ECONOMIC COMMUNITY (BAHAN KAJIAN UNTUK PENGEMBANGAN PENDIDIKAN VOKASI). In: Seminar Nasional Pendidikan Vokasi 2015, 5 Feb 2015, Yogyakarta.
Fulltext.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
Abstract
Pendidikan vokasi dikonstruksi atas komponen konteks, input, proses, produk, dan outcome. Keberadaan komponen ini menunjukkan bahwa dalam pembangunan pendidikan vokasi jangan dipandang semata-mata sebagai suatu gejala persediaan (supply phenomena) dimana persoalan-persoalannya hanya terpusat pada bagaimana meningkatkan mutu pendidikan. Tetapi pendidikan harus dipandang sebagai fenomena permintaan (demand phenomena) dimana persoalan utama pendidikan adalah untuk apa lulusan dihasilkan atau untuk apa mutu ditingkatkan. Mensikapi kondisi filosofis ini dan datangnya era ekonomi baru Asean Economic Community 2015, yang salah satu karakteristik kuncinya adalah single market and production base, dengan salah satu elemen intinya adalah free flow of skilled labour, maka lulusan pendidikan vokasi dituntut untuk memiliki keterampilan yang memadai sepadan dengan perubahan tuntutan pasar kerja. Keterampilan yang dibutuhkan pada era ekonomi baru ini, dimana terjadi transisi dari ekonomi industri ke ekonomi pengetahuan, yang ditandai oleh perubahan kebutuhan keterampilan yang cepat adalah employability skills.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Pendidikan vokasi; Employability skills; Sekolah kejuruan |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) L Education > LC Special aspects of education > LC1051 Professional education |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 31 Mar 2023 03:10 |
Last Modified: | 31 Mar 2023 03:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51610 |