Mutia, Fahlila and Ndona, Yakobus and Setiawan, Deny (2022) PERANAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Sintaksis: Pendidikan Guru Sekolah Dasar, IPA, IPS dan Bahasa Inggris, 4 (1). pp. 80-88. ISSN 2715-6176; 2715-6176
Turnitin.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Pendidikan Kewarganegaraan memiliki peran dan fungsi yang sangat penting dalam
menanamkan nilai – nilai ideologi pancasila yang didalamnya terdapat nilai – nilai dasar
berperikemanusiaan dan berkepribadian yang tentu menjadi dasar konsep warga global, hal
tersebut tentu sebagaimana yang tercantum dalam tujuan Pendidikan Kewarganegaraan.
Secara teori penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mencari tahu sejauh mana
peranan mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dalam pengimplementasia nilai- nilai pancasila pada anak Sekolah Dasar. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif Teknik
pengumpulan datanya dengan menggunakan dokumentasi, artikel, jurnal, buku, berita
maupun pernyataan resmi organisasi. Analisis data menggunakan Triangulasi.
Kesimpulan dari penelitian ini menyatakan bahwa Pendidikan Kewarganegaraan itu
memiliki peranan penting terhadap anak Sekolah Dasar dalam menanamkan nilai-nilai
pancasila untuk diaplikasikan kedalam proses pembelajaran.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Peranan Pendidikan Kewarganegaraan; Sekolah Dasar; Nilai-Nilai Pancasila |
Subjects: | K Law > K Law (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 23 Mar 2023 04:50 |
Last Modified: | 23 Mar 2023 04:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51570 |