Nasution, Rana Salsabila (2022) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-Leaflet Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 8 Subtema 1 Kelas V SDN 106158 Pematang Johar T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1182111012_COVER.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
2. NIM. 1182111012_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
3. NIM. 1182111012_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
4. NIM. 1182111012_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
5. NIM. 1182111012_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
6. NIM. 1182111012_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
7. NIM. 1182111012_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
8. NIM. 1182111012_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
9. NIM. 1182111012_BAB I.pdf - Published Version
Download (361kB) | Preview
13. NIM. 1182111012_BAB V.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
14. NIM. 1182111012_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
Abstract
Penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran E-Leaflet terhadap hasil belajar siswa pada tema 8 subtema 1 kelas V SDN 106158 Pematang Johar T.A 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian berjenis Quasi Experiment dengan memakai design Nonequivalent control group design (Desain pretest-postest menggunakan kelompok kontrol tanpa penguasaan random). Teknik sampel yang diambil menggunakan teknik Purposive Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 60 siswa dari keseluruhan populasi. Berdasarkan dari pengujian hipotesis dengan menggunakan rumus uji-t pada uji hipotesis soal pretest didapatkan hasil thitung 1,598 sedangkan ttabel 2,002, dengan menggunakan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil tersebut uji hipotesis pada soal pretest dinyatakan bahwa Ho berstatus diterima dan Ha ditolak. Sedangkan pada uji hipotesis pada soal postest didapatkan hasil thitung sebesar 2,485 sedangkan ttabel 1,672 dengan menggunakan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil tersebut uji hipotesis pada soal postest dinyatakan bahwa Ha berstatus diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran E-Leaflet terhadap hasil belajar siswa pada tema 8 subtema 1 kelas 5 SDN 106158 Pematang Johar T.A 2021/2022
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran E-Leaflet; Hasil Belajar Tema 8 Subtema 1 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 24 Mar 2023 02:16 |
Last Modified: | 24 Mar 2023 02:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51550 |