Ayu, Namira Afiat (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIR TRAINING BERBANTU PICTORIAL RIDDLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GERAK LURUS DI KELAS X SEMESTER I SMA SWASTA TAMANSISWA MEDAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 4101121019 COVER.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
2 NIM 4101121019 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (437kB) | Preview
3 NIM 4101121019 RIWAYAT HIDUP fix.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
4 NIM 4101121019 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (28kB) | Preview
5 NIM 4101121019 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
6 NIM 4101121019 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
7 NIM 4101121019 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8 NIM 4101121019 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9 NIM 4101121019 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
10 NIM 4101121019 BAB I.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
14 NIM 4101121019 BAB Vdocx.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
15 NIM 4101121019 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inquiry training berbantu pictorial riddle terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok gerak lurus di kelas X semester I SMA TAMANSISWA Medan.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X semester I SMA TAMANSISWA Medan yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 7 kelas secara acak yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 33 orang dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 33 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk,lembar kerja siswa, lembar observasi aktivitas belajar siswa, lembar penilaian keterampilan dan lembar penilaian afektif. Untuk menguji hipotesis digunakan uji beda (uji t), setelah uji prasyarat dilakukan, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas sedangkan lembar observasi aktivitas belajar siswa, lembar penilaian keterampilan dan lembar penilaian afektif dianalisis secara deskriptif.
Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 39,39 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 38,79. Pada pengujian normalitas untuk pretes diperoleh pada kelas eksperimen dengan Lhitung = 0,11083 dan Ltabel = 0,15423, untuk kelas kontrol dengan Lhitung = 0,11735 dan Ltabel = 0,15423, sehingga diperoleh Lhitung < Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung= 1,474 dan Ftabel = 1,805 sehingga Fhitung < Ftabel , maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Hasil uji t diperoleh thitung < ttabel yaitu 0,248 < 1,998 maka H0 diterima. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran inquiry training berbantu pictorial riddle dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 77,12 dan kelas kontrol 69,39. Rata-rata nilai keseluruhan aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen adalah 72,11 sedangkan rata-rata nilai keseluruhan aktivitas belajar siswa pada kelas kontrol adalah 59,45. Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,650 > 1,669 dengan taraf signifikasi α = 0,05 dan dk = 64. Hal ini berarti H0 ditolak dan Ha diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan akibat pengaruh model pembelajaran inquiry training berbantu pictorial riddle terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok gerak lurus di kelas X semester I SMA Tamansiswa Medan T.P. 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 FIS 021 |
Keywords: | Pengaruh; Inquiry Training Berbantu Pictorial Riddle; Hasil Belajar; Keterampilan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC770 Nuclear and particle physics. Atomic energy. Radioactivity |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 May 2016 23:06 |
Last Modified: | 09 May 2016 23:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5152 |