Amin, Muhammad and Panahatan (2018) Eksplorasi Soft Skill Yang Relevan Untuk Peningkatan Kompetensi Calon Guru SMK. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2 (3). pp. 2094-2101. ISSN 2614-6754 (print); 2614-3097(online)
Article.pdf - Published Version
Download (480kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan atribut-atribut soft skill baik generik maupun spesifik yang relevan untuk diintegrasikan dalam program perkuliahan di Pendidikan Teknik
Elektro. Atribut soft skills yang ditemukan diharapkan dapat menjadi pelengkap dalam kegiatan perkuliahan guna menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi simultan antara pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara: (1) mengidentifikasi jenis atribut soft skill berbasis budaya lokal yang bersumber dari 6 pilar pendidikan karakter unimed, serta atribut yang berasal dari hasil kajian internasional; (2) melakukan kajian dan pengelompokan semua atribut yang bersifat generik dan spesifik; (3) mengidentifikasi karakteristik mata kuliah, terutama yang berkaitan dengan tujuan dan rencana kegiatan perkuliahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 73 atribut yang bersifat generik dan 56 atribut yang secara khusus relevan untuk dipetakan, disebarluaskan, dan dilatih pada setiap mata pelajaran. Soft skill yang akan dilatihkan pada tahun pertama
didistribusikan dalam 22 mata kuliah, pada tahun kedua 22 mata kuliah, dan pada tahun ketiga didistribusikan dalam 18 mata kuliah.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | soft skill, kompetensi, calon guru SMK |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1035 Basic education. Basic skills education |
Divisions: | Fakultas Teknik |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 09 Jun 2023 08:01 |
Last Modified: | 09 Jun 2023 08:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51508 |