Munthe, Ivo Ekaristiana (2022) Analisis Soal Ujian Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pegajahan Tahun Pembelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 2173111020 COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
2. NIM 2173111020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (596kB) | Preview
3. NIM 2173111020 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
4. NIM 2173111020 PREFACE.pdf - Published Version
Download (355kB) | Preview
5. NIM 2173111020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
6. NIM 2173111020 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
7. NIM 2173111020 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
8. NIM 2173111020 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (777kB) | Preview
12. NIM 2173111020 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
13. NIM 2173111020 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis kualitas soal ujian akhir semester gasal kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pegajahan ditinjau dari penerapan evaluasi pada mata pelajaran bahasa indonesia, ditinjau dari tingkat kesukaran, daya beda, dan efektivitas pengecoh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang dimaksudkan untuk mencari informasi yang dapat digunakan untuk mendeskripsikan kualitas tes. Objek penelitian ini adalah Soal Ujian akhir semester gasal mata pelajaran bahasa indonesia siswa kelas VIII sekolah menegah pertama negeri 1 pegajahan tahun pembelajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dimana untuk mengetahui penerapan evaluasi pembelajaran serta kualitas soal digunakan rumus dari tingkat kesukaran, daya beda dan efektivitas pengecoh. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh hasil sebagai berikut: penerapan evaluasi yang dilakukan disekolah ini masih tergolong kurang baik. Soal yang termasuk kategori terlalu mudah berjumlah 1 soal (2%), soal yang termasuk kategori mudah berjumlah 16 soal (35%), soal kategori sedang berjumlah 25 soal (55%), soal kategori sukar berjumlah 2 soal (4%), soal kategori terlalu sukar berjumlah 2 soal (4%). Soal kategori cukup berjumlah 2 soal (4,40%), soal kategori buruk berjumlah 16 soal (35,5%), soal kategori semuanya tidak baik berjumlah 27 soal (60%). Berdasarkan hasil analisis daya beda, 2 soal dinyatakan layak dan 42 soal dinyatakan tidak layak. Efektivitas pengecoh dengan kriteria sangat baik berjumlah 2 soal (2,2%), kategori baik berjumlah 28 dengan persentase (15,5%), kategori cukup baik berjumlah 25 (14%), kategori buruk berjumlah 123 (68,3%), kategori sangat buruk berjumlah 0 soal (0%).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Analisis Soal; Penerapan Evaluasi Pembelajaran; Tingkat Kesukaran; Daya Beda; Efektivitas Pengecoh |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 20 Mar 2023 01:52 |
Last Modified: | 20 Mar 2023 01:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51471 |