HARAHAP, SALSYANABILA RIVIANDY (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN EDUCATION GAME UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI SKETSA DAN ILUSTRASI KELAS X DI SMK TRITECH INFORMATIKA MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 5183151021 COVER.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
2. NIM. 5183151021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 5183151021 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (685kB) | Preview
4. NIM. 5183151021 PREFACE.pdf - Published Version
Download (707kB) | Preview
5. NIM. 5183151021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
6. NIM. 5183151021 TABLES.pdf - Published Version
Download (359kB) | Preview
7. NIM. 5183151021 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (427kB) | Preview
8. NIM. 5183151021 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (358kB) | Preview
9. NIM. 5183151021 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
13. NIM. 5183151021 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (840kB) | Preview
14. NIM. 5183151021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (702kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu media pembelajaran yang berbasis game edukasi pada materi sketsa dan ilustrasi di kelas X dan untuk mengetahui suatu hasil pemahaman materi peserta didik setelah menggunakanmedia pembelajaran education gamepada materi sketsa dan ilustrasi. Adapun model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini ialah ADDIE (Analysys, Design, Development, Implementation, Evaluaty) yang mana model ini juga digunakan sebagai desain instuksional dari penelitian. Pada instrument penelitian digunakan pre-test dan post-test sebagai penentuan hasil belajar. Kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan oleh peneliti sebelumnya sudah melalui ahli media, dan ahli materi. Setelah itu, dilakukan uji coba kepada 25 orang siswa kelas X DKV- 2 dimana penelitian ini menggunakan desain one group pre-test-post-test sehingga penelitian hanya menggunakan satu kelas saja yaitu kelas X DKV-2 sebagai kelas eksperimen.
Berikut kesimpulan dari hasil penelitian ini ialah: (1) pengembangan education game dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu penentuan materi, penerapan desain produk, melakukan penilaian validasi terhadap ahli materi dan ahli media, dan melakukan revisi serta uji efektivitas. (2) penilaian validasi terhadap ahli materi didapatkan hasil 4,18 dapat dikategorikan “Sangat Layak”. Hasil penilaian validasi terhadap ahli media didapatkan hasil 4,43 dapat dikategorikan “Sangat Layak”. (3) Hasil belajar yang diperoleh dari pre-test didapatkan rata-rata dengan nilai keseluruhan 55,4 sebelum menggunakan education game dan hasil belajar dari post-test dengan nilai rata-rata keseluruhan ialah 83 setelah menggunakan education game, pada hasil uji n-gain didapatkan nilai 0,61 yang termasuk ke dalam kategori “sedang” (>0,3 ≤ g ≤ 0,7) sesuai tafsiran keefektifan indeks gain menurut Hake sehingga dapat dikatakan bahwa penggunaan Education game efektif untuk meningkatkan pemahaman materi peserta didik pada materi Sketsa dan Ilustrasi kelas X DKV – 2 SMK Tritech Informatika Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Education game, Sketsa dan Ilustrasi, ADDIE (Analysys, Design, Development, Implementation, Evaluaty) |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 13 Mar 2023 02:59 |
Last Modified: | 13 Mar 2023 03:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51470 |