Gustika, Dira (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HUKUM NEWTON DI KELAS X SEMESTER 1 SMA NEGERI 1 LABUHAN DELI T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4113121013 COVER.pdf - Published Version
Download (6kB) | Preview
2. NIM 4113121013 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
3. NIM 4113121013 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
4. NIM 4113121013 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
5. NIM 4113121013 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
6. NIM 4113121013 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
7. NIM 4113121013 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
8. NIM 4113121013 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
9. NIM 4113121013 BAB I.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
13. NIM 4113121013 BAB V.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
14. NIM 4113121013 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Berbasis Masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi Hukum Newton di kelas X Semester I SMA Negeri 1 Labuhan Deli T.P. 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain two group Pre-test dan Pos-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Semester I SMA Negeri 1 Labuhan Deli yang terdiri dari 5 kelas. Sampel penelitian ini ada 2 kelas yaitu kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 3 sebagai kelas kontrol yang masing-masing terdiri dari 32 orang siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara Cluster Random Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada 2, yaitu pertama tes hasil belajar dalam bentuk essay sebanyak 10 soal yang telah divalidkan, dan kedua adalah lembar observasi aktivitas belajar siswa pada model pembelajaran Berbasis Masalah. Uji hipotesis menggunakan uji t satu pihak.
Berdasarkan analisa data, nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 38,05 dengan standar deviasi 6,5, dan kelas kontrol 37,58 dengan standar deviasi 6,85. Pada pengujian normalitas untuk pretes kelas eksperimen Lhitung = 0,1009 dan Ltabel = 0,1566, untuk kelas kontrol Lhitung = 0,1132, dan Ltabel = 0,1566 sehingga Lhitung < Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas Fhitung = 1,11 dan Ftabel = 1,82 sehingga Fhitung < Ftabel , maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran Berbasis Masalah dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas, nilai rata-rata postes kelas eksperimen 75,85 dengan standar deviasi 7,53 dan kelas kontrol 61,64 dengan standar deviasi 6,49. Rata-rata nilai keseluruhan aktivitas belajar siswa dalam 3 pertemuan adalah 63,96%, 72,50%, 79,38. Hasil uji t diperoleh thitung = 4,9 dan ttabel = 1,669 sehingga thitung > ttabel maka Ha diterima, yang berarti ada pengaruh model pembelajaran Berbasis Masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi Hukum Newton
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 FIS 013 |
Keywords: | Model Pembelajaran Berbasis Masalah;Tugas Guru; Hukum Newton |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC170 Atomic physics. Constitution and properties of matter including molecular physics, relativity, quantum theory, and solid state physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 May 2016 22:19 |
Last Modified: | 09 May 2016 22:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5146 |