MARIANI, FITRI (2023) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN PERCAYA DIRI TERHADAP KREATIVITAS ANAK USIA DINI 4 - 6 TAHUN PAUD IT NABILAH MUFIDATUL HILMI DI KABUPATEN BATU BARA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8186122012 COVER.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
2. NIM. 8186122012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
3. NIM. 8186122012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
4. NIM. 8186122012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
5. NIM. 8186122012 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
6. NIM. 8186122012 TABELS.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
7. NIM. 8186122012 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 8186122012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (435kB) | Preview
12. NIM. 8186122012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
13. NIM. 8186122012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui apakah kreativitas anak usia dini 4-6 tahun yang diajarkan dengan strategi pemebelajaran inkuiri lebih tinggi dibandingkan dengan anak usia dini yang diajarkan dengan strategi pembelajaran Ekspositori. (2) Untuk mengetahui apakah anak usia dini 4-6 tahun yang memiliki percaya diri tinggi memiliki kreativitas lebih tinggi dibandingkan anak usia dini yang memiliki percaya diri rendah. (3). Untuk mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran inkuiri dengan strategi pembelajaran ekspositori dalam memengaruhi kreativitas anak usia dini 4-6 tahun.
Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 60 orang yang terdiri dari 2 kelas yaitu 1 kelas di Kelas A, dan 1 kelas di Kelas B. Teknik analisis data yang digunakan adalah Anava 2 jalur (Two Way Anova) pada program SPSS 26 for windows pada data yang telah berdistribusi normal dan homogen. Hasil pengujian hipotesis diperoleh: (1) Berdasarkan hasil analisis ragam, bahwa variabel strategi pembelajaran memiliki F hitung (6,092) > F table (3,92) dan p-value (0,015) < 0,05 maka tolak H0. Jadi dapat diartikan bahwa strategi pembelajaran berpengaruh terhadap kreativitas bermain peran. Maka strategi pembelajaran inkuri dan ekspositori dapat dikatakan berbeda secara signifikan.(2) Pada variabel kepercayaan diri memiliki F hitung (0,740) < F table (3,92) dan p-value (0,392) > 0,05 maka terima H0. Jadi dapat diartikan bahwa kepercayaan diri tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kreativitas bermain peran; (3) terdapat interaksi antara interaksi antara variable strategi pembelajaran dan kepercayaan diri memiliki F hitung (0,098) < F table (3,92) dan p-value (0,392) > 0,05 maka terima H0.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.33 Mar p |
Keywords: | strategi pembelajaran;kepercayaan diri; kreativitas anak |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 29 May 2023 04:08 |
Last Modified: | 29 May 2023 04:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51458 |