Panjaitan, Agape Mangasitua (2022) PENGEMBANGAN MEDIA APLIKASI AUGMENTED REALITY BERBASIS PROJECT BASED LEARNING MATA PELAJARAN KONTRUKSI BANGUNAN PADA KELAS XI DPIB SMK NEGERI 2 BINJAI. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8206121002 COVER.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
2. NIM 8206121002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (403kB) | Preview
3. NIM 8206121002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
4. NIM 8206121002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
5. NIM 8176122009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
6. NIM 8206121002 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM 8206121002 LIST OF FIGURES .pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM 8206121002 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM 8206121002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
13. NIM 8206121002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
14. NIM 8206121002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (441kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui kelayakan Media Augmented Reality yang dikembangkan layak digunakan pada pembelajaran Kontruksi Bangunan (2) Untuk menilai keefektivitas penggunaan Media Media Augmented Reality yang dikembangkan efektif digunakan pada pembelajaran Kontruksi Bangunan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan produk Borg dan Gall dan dikombinasikan dengan model desain pembelajaran Dick and Carey. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI di Sekolah Menegah Kejuruan Negeri 2 Binjai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen. Sampel penelitian dari 65 siswa yang terdiri dari 33 siswa sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan media Pembelajaran berbasis Proyek dan 32 siswa sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan Menggunakan media Augmented Reality. Hasil uji hipotesis membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pembelajaran kontruksi bangunan siswa yang diajar dengan menggunakan media Augmented Reality Pembelajaran berbasis proyek dengan hasil pembelajaran kontruksi bangunan yang digunakan dalam media visual. Hal ini ditunjukkan oleh perolehan data yaitu thitung = 5,63 sedangkan ttabel = 1,63, pada tingkat signifikan 0,05 melalui interpolasi ttabel 1,63. Disimpulkan bahwa efektivitas materi kontruksi bangunan dengan menggunakan Media Pembelajaran Augmented Reality Berbasis Proyek dibandingkan dengan menggunakan media Visual.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.36 Pan p |
Keywords: | Augmented Reality; Project Based Learning; hasil belajar kontruksi bangunan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 29 May 2023 04:15 |
Last Modified: | 15 Jul 2024 04:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51453 |