NASUTION, ATIKA RAHMAH (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN SISTEM KOMPUTER SISWA KELAS X TKJ DI SMK SWASTA PRAYATNA – 2 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. 5173151011 COVER.pdf - Published Version
Download (14MB) | Preview
2. 5173151011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (15MB) | Preview
3. 5173151011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (14MB) | Preview
4. 5173151011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (14MB) | Preview
5. 5173151011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (14MB) | Preview
6. 5173151011 TABLES.pdf - Published Version
Download (14MB) | Preview
7. 5173151011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (14MB) | Preview
8. 5173151011 ENCLOSURE.pdf - Published Version
Download (14MB) | Preview
9. 5173151011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (16MB) | Preview
13. 5173151011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (14MB) | Preview
14. 5173151011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (14MB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini: (1) Untuk Menghasilkan E-Modul yang dapat mendukung dalam kegiatan belajar mengajar untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (2) Menghasilkan E-Modul yang sesuai dengan Silabus dan RPP untuk kegiatan belajar mengajar (3) Menghasilkan E-Modul yang lebih praktis dan mudah (4) Menghasilkan E-Modul untuk kegiatan belajar mengajar peserta didik SMK Kelas X Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan.
Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Waterfall. Instrumen yang digunakan berupa instrument tes hasil belajar. Angket divalidasi oleh 1 ahli materi dan 1 ahli media, dan 1 Ahli bahasa kemudian dilakukan pengisian instrumen kepada 30 orang siswa X TKJ SMK Swasta Prayatna-2 Medan. Penelitian uji kelayakan menggunakan responden berjumlah 30 orang. Dimana kelas X TKJ 1 sebagai kelas eksperimen sebanyak 15 siswa yang menggunakan E-Modul dan kelas X TKJ 2 sebagai kelas kontrol siswa tanpa menggunakan E-Modul sebanyak 15siswa. Instrumen test hasil belajar yang digunakan untuk mengetahui tingkat efektivitas E-Modul adalah tes pilihan ganda dengan jumlah soal 20.
Berdasarkan hasil penelitian uji kevalidtan media pembelajaran didapatkan bahwa hasil penilaian ahli materi sebesar 3,45 untuk kelayakan isi dan 3,65 untuk kelayakan penyajian termasuk kategori valid. Berdasarkan hasil penilaian ahli bahasa sebesar 3,50 termasuk kategori valid. Berdasarkan hasil penilaian ahli desain sebesar 3,40 termasuk kategori valid. Berdasarkan hasil penelitian uji efektivitas E-Modul pembelajaran didapatkan hasil data pretest kelas eksperimen adalah 61 dan hasil posttest kelas eksperimen adalah 89. Sedangkan kelas kontrol mendapatkan hasil pretest sebesar 56 dan hasil posttest sebesar 74 . Pada pengujian normalitas dan homogenitas diperoleh bahwa data pretest dan posttest berdistribusi normal dan variannya homogen. dari uji beda nilai kedua kelas diperoleh thitung sebesar 0.040 dan t tabel sebesar 0,05. Karena thitung > t tabel maka H1 diterima. Beradarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa E-Modul ini sangat layak digunakan pada mata Pelajaran Sistim Komputer dan pada uji efektivitas diperoleh bahwa terdapat pengaruh hasil belajar kelas eksperimen atau siswa yang menggunakan E-Modul pada siswa kelas X TKJ SMK Swasta Prayatna-2 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | E-Modul, Meningkatkan Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 13 Mar 2023 03:34 |
Last Modified: | 13 Mar 2023 03:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51446 |