PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI MENGGUNAKAN GOOGLE SITES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI

SITUMORANG, LASRIN LEONARDUS (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI MENGGUNAKAN GOOGLE SITES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1 NIM 8214021021 COVER.pdf]
Preview
Text
1 NIM 8214021021 COVER.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 8214021021 PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8214021021 PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[thumbnail of 3  NIM 8214021021 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3 NIM 8214021021 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[thumbnail of 4  NIM 8214021021 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4 NIM 8214021021 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[thumbnail of 5  NIM 8214021021 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5 NIM 8214021021 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 6  NIM 8214021021 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6 NIM 8214021021 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 7 NIM 8214021021 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7 NIM 8214021021 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 8  NIM 8214021021 DAFTAR LAMPIRAN(1).pdf]
Preview
Text
8 NIM 8214021021 DAFTAR LAMPIRAN(1).pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 9  NIM 8214021021 CHAPTER I (BAB 1)  PENDAHULUAN.pdf]
Preview
Text
9 NIM 8214021021 CHAPTER I (BAB 1) PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (371kB) | Preview
[thumbnail of 13  NIM 8214021021 CHAPTER V (BAB V) SIMPULAN DAN SARAN.pdf]
Preview
Text
13 NIM 8214021021 CHAPTER V (BAB V) SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[thumbnail of 14  NIM 8214021021 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14 NIM 8214021021 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini untuk bertujuan untuk: (1) untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran berdiferensiasi menggunakan google sites dalam meningkatkan hasil belajar biologi peserta didik kelas XII IPA SMA Negeri 1 Uluan, dan (2) untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran berdiferensiasi menggunakan google sites dalam meningkatkan hasil belajar biologi peserta didik kelas XII IPA SMA Negeri 1 Uluan. Jenis penelitian yang dilakukan oleh penelitian adalah jenis penelitian Research and Development (R & D). Model Pengembangan Produk yang digunakan adalah diadaptasi dari model Gall, Gall & Borg dan dikombinasikan dengan model pembelajaran Assure. Penelitian ini di laksanakan di SMA Negeri 1 Uluan yaitu pada peserta didik kelas XII IPA. Metode yang digunakan untuk uji coba efektivitas adalah quasi experiment. Sampel dalam penelitian ini adalah 69 orang yang terdiri dari 36 orang untuk kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan google sites dan 33 orang untuk kelas kontrol yang diajarkan tidak menggunakan google sites. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) persentase kelayakan media pembelajaran berdiferensiasi menggunakan google sites divalidasi oleh materi yaitu 90,45% dengan kriteria sangat layak, hasil validasi ahli media yaitu 88,33% dengan kriteria sangat layak, hasil validasi ahli praktisi yaitu 93,24% dengan kriteria sangat layak, hasil uji coba evaluasi perorangan yaitu 86,28% dengan kriteria sangat layak, hasil uji coba kelompok kecil yaitu 90% dengan kriteria sangat layak, hasil uji coba evaluasi lapangan terbatas yaitu 80,75% dengan kriteria sangat layak. (2) keefektifan media pembelajaran berdiferensiasi dengan menggunakan google sites yang dikembangkan menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen (yang diajarkan dengan menggunakan google sites) dan kelas kontrol (yang tidak diajarkan dengan menggunakan google sites) menunjukkan adanya perbedaan yang siginifikan antara hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil perhitungan Uji-T dengan taraf signifikansi 0,05 atau 5% pada nilai post-test kelas eksperimen dengan kelas kontrol menunjukkan perolehan thitung (th) = 3,276 dan ttabel = tt (0,05) = 1,996. Maka dapat disimpulkan th (3,276) > tt (0,05) (1,996).
Terbukti dari nilai rata-rata post-test kelas eksperimen adalah 85,11 dibandingkan rata-rata nilai post-test kelas kontrol yaitu 78,30. Nilai rata-rata post-test kelas eksperimen > nilai rata-rata post-test kelas kontrol yaitu 85,11 > 78,30. Dengan demikian, pengembangan media pembelajaran berdiferensiasi menggunakan google sites pada siswa kelas XII SMA efektif meningkatkan hasil belajar biologi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.334 Sit p
Keywords: pengembangan; media pembelajaran; pembelajaran berdiferensiasi; google sites; biologi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 29 May 2023 04:27
Last Modified: 29 May 2023 04:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51444

Actions (login required)

View Item
View Item