Tistiyanto, Muhammad Fadil (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN ISPRING SUITE 9 PADA MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN SASIS DAN PEMINDAH TENAGA DI KELAS XI TKR SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 5183122011 COVER.pdf - Published Version
Download (423kB) | Preview
2. NIM 5183122011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 5183122011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (895kB) | Preview
4. NIM 5183122011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (828kB) | Preview
5. NIM 5183122011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
6. NIM 5183122011 TABLES.pdf - Published Version
Download (396kB) | Preview
7. NIM 5183122011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (667kB) | Preview
8. NIM 5183122011 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (395kB) | Preview
9. NIM 5183122011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
13. NIM 5183122011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (939kB) | Preview
14. NIM 5183122011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Dalam mata pelajaran Pemeliharaan Sasis dan Pemindah Tenaga, terdapat beberapa permasalahan yang sering dijumpai dalam proses pembelajaran seperti minat belajar siswa yang rendah, kurangnya pemahaman materi serta hasil belajar yang rendah. Hal ini dikarenakan, penyampaian materi yang dilakukan oleh guru masih menggunakan media papan tulis dengan metode ceramah dan sesekali menggunakan LCD proyektor untuk menampilkan powerpoint. Hal ini membuat pembelajaran menjadi kurang efektif, dikarenakan penyampaian materi terhadap siswa masih berpusat terhadap guru. Oleh karena itu dibutuhkannya media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan minat belajar siswa, mudah dalam memahami materi dan meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun tujuan dari penelitian yaitu mengembangkan media pembelajaran interaktif dengan iSpring Suite 9 yang layak serta efektif digunakan dalam pembelajaran PSPT.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan, dengan sampel penelitian adalah siswa kelas XI TKR 1. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang memiliki 5 tahapan yaitu Analysis (menganalisis), Design (perencanaan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi) dan Evaluation (evaluasi).
Hasil penelitian yang diperoleh dalam menguji tingkat kelayakan media pembelajaran interaktif berdasarkan ahli media diperoleh nilai rata-rata 3,70 dengan kategori “Sangat Layak”, ahli desain pembelajaran diperoleh nilai rata- rata 3,71 dengan kategori “Sangat Layak”, ahli materi diperoleh nilai rata-rata
3,96 dengan kategori “Sangat Layak”, uji coba one to one diperoleh nilai rata-rata 3,50 dengan kategori “Sangat Layak”, uji coba kelompok kecil diperoleh nilai rata-rata 3,65 dengan kategori “Sangat Layak” dan uji coba kelompok besar diperoleh nilai rata-rata 3,71 dengan kategori “Sangat Layak”. Total nilai rata-rata keseluruhan adalah 3,71 dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil penelitian yang diperoleh dalam menguji efektivitas media pembelajaran interaktif menunjukkan nilai pre-test sebesar 45,48 dan nilai post-test sebesar 86,77 dengan peningkatan hasil belajar sebesar 41,29, kemudian nilai N-Gain yang didapatkan sebesar 0,77 dengan kategori tinggi dan dengan presentase 76,56% dalam kategori efektif. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis android menggunakan Ispring Suite 9 sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran serta efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pemeliharaan Sasis dan Pemindah Tenaga di kelas XI TKR SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media pembelajaran interaktif, Android, Ispring Suite 9, Kelayakan, Efektivitas. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 13 Mar 2023 03:58 |
Last Modified: | 13 Mar 2023 03:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51432 |