NASUTION, IKHLAS (2022) ANALISIS PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS DARING MENGGUNAKAN GOOGLE MEET PADA PEMBELAJARAN MENGGAMBAR TEKNIK SISWA KELAS X SMK SWASTA MERPATI NUSANTARA DI ERA PANDEMIC COVID-19. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 5152121004 COVER.pdf - Published Version
Download (410kB) | Preview
2. NIM. 5152121004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 5152121004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (701kB) | Preview
4. NIM. 5152121004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (725kB) | Preview
5. NIM. 5152121004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
6. NIM. 5152121004 TABLES.pdf - Published Version
Download (414kB) | Preview
7. NIM. 5152121004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
8. NIM. 5152121004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
12. NIM. 5152121004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM. 5152121004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (412kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) proses pembelajaran Google Meet Era pandemic COVID – 19 pada mata pelajaran menggambar teknik SMK Swasta Merpati Nusantara
(2) Untuk mengetahui persepsi siswa terhadap pelaksaaan pembelajaran Google Meet era pandemic COVID -19 pada mata pelajaran menggambar teknik di SMK Swasta Merpati Nusantara (3) Untuk mengetahui persepsi guru atau pendidik terhadap peaksanaan pembelajaran Google Meet era pandemic COVID – 19 pada mata pelajaran menggambar teknik di SMK Swasta Merpati Nusantara penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode penelitian analisis menggunakan instrument angket model likert.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Mesin SMK Swasta Merpati Nusantara jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dengan mengumpulkan data efektifitas pembelajaran, namun terlebih dahulu harus dipastikan bahwa pembelajaran model E-learning benar terlaksana. Instrumen yang digunakan terdiri dari instrumen pembelajaran dan instrument penelitian.Instrumen dimaksud yakni Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sedangkan instrument penelitian yang dimaksud adalah : (1) Observasi sebagai data Keterlaksanaan Pembelajaran,(2) Angket sebagai data keefektifan pembelajaran, dan (3) Dokumentasi, sebagai data Hasil Belajar.
Keefektifan pembelajaran pada penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dapat terlaksana dengan baik. Data menunjukkan bahwa (1) hasil angket Pada indikator kualitas pembelajaran di kategorikan tinggi atau 82,56%, (2) hasil angket pada indikator kesesuaian tingkat pembelajaran dikategorikan tinggi atau atau 81,47%, (3) hasil angket pada indikator insentif pembelajaran di kategorikan tinggi atau 77, (4) hasil angket pada indikator waktu pembelajaran dikategorikan tinggi atau 80.65. Dari data tersebut keefektifan pembelajaran menggunakan model blended learning berjalan efektif ditinjau dari hasil angket yang di isi oleh siswa kelas X teknik mesin SMK Swasta Merpati Nusantara.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Keefektifan Pembelajaran, Pelaksanaan Pembelajaran, Hasil Belajar Menggambar Teknik |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 24 Mar 2023 01:17 |
Last Modified: | 24 Mar 2023 01:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51406 |