Diana, Elbi (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN MODEL POGIL BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DI KELAS XI MAN I MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 4111131005 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2 NIM 4111131005 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (382kB) | Preview
3 NIM 4111131005 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
4 NIM 4111131005 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
5 NIM 4103131026 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
6 NIM 4111131005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
7 NIM 4111131005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
8 NIM 4111131005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9 NIM 4111131005 BAB I.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
13 NIM 4111131005 BAB V.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
14 NIM 4111131005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Group Investigation (GI) dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif POGIL pada pokok bahasan Hidrolisis Garam. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas XI MAN 1 Medan T.A. 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN 1 Medan yang terdiri dari 8 (delapan) kelas. Sampel ditetapkan dengan cluster random sampling yakni mengambil 2 kelas yang dijadikan kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen. Pengambilan data untuk hasil belajar siswa diperoleh dengan tes hasil belajar yang menggunakan instrumen yang valid sebanyak 20 soal dan reliabel (0,867). Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan dibelajarkan dengan model pembelajaran Group Investigation (GI) dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran POGIL. Peningkatan hasil belajar siswa pada kelas yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif Group Investigation (GI) sebesar 77,38 % dan peningkatan hasil belajar siswa pada kelas yang dibelajarkan dengan model pembelajaran POGIL sebesar 82,28 %. Maka, dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif Group Investigation (GI) dan Model POGIL.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 013 |
Keywords: | Hasil Belajar; Group Investigation; Model Pembelajaran POGIL |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 08 May 2016 23:13 |
Last Modified: | 08 May 2016 23:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5140 |