Purba, Putri Elmaretha (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN OPEN-ENDED MENGGUNAKAN HYPERCONTENT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN SELF-EFFICACY SISWA SMK. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8196172004 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM. 8196172004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (592kB) | Preview
3. NIM. 8196172004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
4. NIM. 8196172004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (355kB) | Preview
5. NIM. 8196172004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
6. NIM. 8196172004 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
7. NIM. 8196172004 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
8. NIM. 8196172004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
9. NIM. 8196172004 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
10. NIM. 8196172004 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
11. NIM. 8196172004 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
12. NIM. 8196172004 CHAPTER V.pdf
Download (241kB)
13. NIM. 8196172004 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (485kB)
14. NIM. 8196172004 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) memperoleh perangkat pembelajaran yang dikembangkan berbasis pendekatan open-ended menggunakan hypercontent yang memenuhi validitas, kepraktisan, dan keefektivan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif berpikir kreatif dan self-efficacy siswa.; 2) mendeskripsikan bagaiamana peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan self-efficacy siswa yang diterapkan dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan open-ended menggunakan hypercontent. penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan open-ended menggunakan hypercontent yang dikembangkan memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan perangkat pembelajaran; 2) peningkatan kemampuan peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan self-efficacy menggunakan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan open-ended menggunakan hypercontent ditinjau dari n-gain uji coba I sebesar 0,22 dengan kriteria rendah dan pada uji coba II sebesar 0,39 dengan kriteria sedang; 3) perangkat pembelajaran berbasis pendekatan open-ended menggunakan hypercontent yang dikembangkan ini dapat meningkatkan kemampuan self-efficacy siswa, terlihat pada uji coba I rata-rata self-efficacy siswa sebesar 66,72, pada uji coba II rata-rata self-efficacy sebesar 72,23.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information: | 510.73 Pur p |
| Keywords: | Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Model ADDIE, Pendekatan Open-Ended, Hypercontent, Berpikir Kreatif, Self-Efficacy. |
| Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - (S2) |
| Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
| Date Deposited: | 29 May 2023 09:10 |
| Last Modified: | 04 Sep 2025 01:59 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51396 |
