Sinambela, Astoni (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO TUTORIAL PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PEMESINAN BUBUT KELAS XI TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 5171121001-COVER.pdf - Published Version
Download (0B)
2. NIM 5171121001-APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 5171121001-ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (694kB) | Preview
4. NIM 5171121001-PRAFACE.pdf - Published Version
Download (693kB) | Preview
5. NIM 5171121001-TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (699kB) | Preview
6. NIM 5171121001-TABLES.pdf - Published Version
Download (694kB) | Preview
7. NIM 5171121001-ILLUSTRATUION.pdf - Published Version
Download (419kB) | Preview
8. NIM 5171121001-APPENDICES..pdf - Published Version
Download (422kB) | Preview
9. NIM 5171121001-CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (0B)
13. NIM 5171121001-CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (974kB) | Preview
14. NIM 5171121001-BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (700kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini betujuan untuk : (1) Mengetahui cara pengembangan media pembelajaran berbasis video tutorial pada mata pelajaran Teknik Pemesinan Bubut Kelas XI Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan, (2) Mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis video tutorial Pada Mata Pelajaran Teknik Pemesinan Bubut Kelas XI Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) menggunakan model pengembangan ADDIE. Prosedur pembuatan media ini meliputi (1) Analisis produk yang akan dikembangkan, (2) Mengembangkan Produk awal, (3) Validasi ahli dan revisi, (4) Uji lapangan skala one to one dan revisi produk, (5) Uji lapangan skala kecil dan produk akhir. Pengembangan produk ini menggunakan software Kine Master. Data produk berupa data kualitatif yang didapat dari saran dan masukan ahli media, ahli materi, guru dan siswa, serta berupa data kuantitatif yang berasal dari penilaian ahli media, ahli materi, guru dan siswa. Hasil penelitian ini adalah: (1) pembuatan media pembelajaran berbasis video tutorial pada mata pelajaran Teknik Pemesinan Bubut langkah-langkahnya meliputi, analisis dan menentukan Kompetensi inti (KI), Kompetensi dasar (KD), dan indikator, membuat perencanaan konsep video tutorial yang menarik, penyusunan materi pembelajaran, penilaian media melalui validasi ahli media dan ahli materi, revisi media pembelajaran, uji coba skala one to one dan uji coba skala kecil. (2) Hasil kelayakan media pembelajaran berbasis video tutorial pada mata pelajaran Teknik Pemesinan Bubut sebagai beikut : penilaian dari ahli media dengan skor 5.0 dengan kategori sangat layak, ahli materi dengan skor 4.38 dengan kategori sangat layak dan uji coba coba skala one to one mendapatkan skor 4.26 dengan kategori sangat layak, uji skala kecil mendapatkan skor 4.34 dengan kategori sangat layak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan media pembelajaran, Teknik Pemesinan Bubut. |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 09 May 2023 06:04 |
Last Modified: | 09 May 2023 06:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51395 |