ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASI MATEMATIS SISWA DALAM PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING

Sihotang, Junita Sari (2023) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASI MATEMATIS SISWA DALAM PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8206172002 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8206172002 COVER.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8206172002 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8206172002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8206172002 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8206172002 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8206172002  PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8206172002 PREFACE.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8206172002 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8206172002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8206172002 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8206172002 TABLES.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8206172002 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8206172002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8206172002  ENCLOSURE.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8206172002 ENCLOSURE.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8206172002 CHAPTERI.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8206172002 CHAPTERI.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 8206172002 CHAPTER II.pdf] Text
10. NIM. 8206172002 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 11. NIM. 8206172002 CHAPTER III.pdf] Text
11. NIM. 8206172002 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 12. NIM. 8206172002 CHAPTER IV.pdf] Text
12. NIM. 8206172002 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 13. NIM. 8206172002 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM. 8206172002 CHAPTER V.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 14. NIM. 8206172002 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM. 8206172002 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 15. NIM. 8206172002 ENCLOSURE.pdf] Text
15. NIM. 8206172002 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) tingkat kemampuan berpikir komputasi matematis siswa setelah pelaksanaan model pembelajaran problem based learning (PBL); (2) kesulitan siswa dalam menyelesaikan tes kemampuan berpikir komputasi matematis siswa setelah pelaksanaan model pembelajaran problem based learning (PBL). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 4 Tebing Tinggi kelas VIII-5 yang berjumlah 42 orang, kemudian diangkat subjek wawancara berdasarkan kategori kemampuan berpikir komputasi matematis dan pola jawaban yang dominan pada setiap kategori. Adapun hasil penelitan sebagai berikut: (1) Tingkat Kemampuan berpikir komputasi matematis siswa pada materi pola bilangan setelah diterapkan model problem based learning (PBL) pada 42 orang siswa, terdapat 10 orang siswa memiliki kemampuan berpikir komputasi matematis kategori tinggi, 23 siswa dengan kategori sedang dan 9 orang siswa dengan kategori rendah. Untuk setiap indikator, siswa memiliki rata- rata penilaian indikator dekomposisi kategori sedang, indikator pengenalan pola kategori sedang, algoritma kategori sedang dan abstraksi dan generalisasi dengan kategori rendah. (2) Kesulitan siswa dalam menyelesaikan tes kemampuan berpikir komputasi matematis siswa dengan tingkat kemampuan berpikir komputasi matematis tinggi tidak mengalami kesulitan pada keempat indikator kemampuan berpikir komputasi matematis siswa. Siswa dengan tingkat kemampuan berpikir komputasi matematis sedang mengalami kesulitan pada indikator algoritma dan generalisasi. Siswa dengan tingkat kemampuan berpikir komputasi matematis rendah mengalami kesulitan dalam menentukan solusi yang tepat suatu masalah barisan aritmatika dan barisan geometri, kemudian siswa tidak dapat menyebutkan langkah-langkah yang digunakan untuk menyusun suatu penyelesaian dari permasalahan barisan aritmatika dan barisan geometri yang diberikan dan tidak mampu menarik kesimpulan dari suatu penyelesaian masalah soal barisan aritmatika dan barisan geometri secara tepat. Siswa mengalami 3 kriteria kesulitan yakni kriteria prinsip, prosedur dan konsep.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.72 Sih a
Keywords: Kemampuan Berpikir Komputasi Matematis, Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - (S2)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 29 May 2023 09:15
Last Modified: 04 Sep 2025 01:41
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51387

Actions (login required)

View Item
View Item