BANUREA, SANTA (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI AUDIO VISUAL MENGGUNAKAN SOFTWARE POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA KELAS X TITL DI SMK N 14 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 5183131030 COVER.pdf - Published Version
Download (496kB) | Preview
2. NIM. 5183131030 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 5183131030 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (734kB) | Preview
4. NIM. 5183131030 PREFACE.pdf - Published Version
Download (908kB) | Preview
5. NIM. 5183131030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
6. NIM. 5183131030 TABLES.pdf - Published Version
Download (458kB) | Preview
7. NIM. 5183131030 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (457kB) | Preview
8. NIM. 5183131030 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (458kB) | Preview
9. NIM. 5183131030 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
13. NIM. 5183131030 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
14. NIM. 5183131030 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurang maksimalnya penyampaian guru dalam materi pembelajaran menggunakan media pembelajaran yang mengakibatkan siswa cenderung malas mengikuti pembelajaran, ribut di dalam kelas, bosan dan kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran. Penyampaian materi pembelajaran yang masih menggunakan metode konvensional kurang menarik perhatian dan semangat siswa dalam mengikuti pembelajaran. Hal ini sangat mempengaruhi hasil belajar siswa. Oleh karena itu, diperlukan penggunaan media untuk menarik perhatian siswa dalam mengikuti pembelajaran agar dapat meningkatkan hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan media animasi audio visual menggunakan software powtoon pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika di kelas X TITL SMK N 14 Medan. (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan metode konvensional pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika di kelas X TITL SMK N 14 Medan. (3) Untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan media animasi audio visual software powtoon adalah lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan metode ekspositori pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika di kelas X TITL SMK N 14 Medan. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TITL SMK N 14 Medan yaitu sebanyak 72 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen, dengan desain penelitian yang digunakan adalah pre-tes post-test design. Hasil penelitian ini adalah: (1) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika kelas X TITL 1 SMK N 14 Medan dengan menggunakan media pembelajaran animasi audio visual menggunakan software powtoon, diperoleh skor rata-rata 82,0 dengan skor tertinggi yang diperoleh siswa adalah 96.6 dan skor terendah adalah 63,3. (2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika kelas X TITL 2 SMK N 14 Medan dengan metode konvensional, diperoleh skor rata-rata 78,56, dengan skor tertinggi yang diperoleh siswa adalah 90,0 dan skor terendah adalah 60,0. (3) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika kelas X TITL SMK N 14 Medan dengan menggunakan media pembelajaran animasi audio visual software powtoon lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang menggunakan metode ekspositori. Dapat dibuktikan dengan hasil uji t yaitu bahwa thitung > ttabel (2,393 > 1,666), artinya Ha diterima. Bahwa hasil belajar siswa dengan menggunankan media pembelajaran animasi audio visual menggunakan software powtoon lebih tinggi dibanding dengan hasil belajar siswa mengunakan metode ekspositori.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media animasi audio visual, software powtoon, dasar listrik dan elektronika. |
Subjects: | Q Science > QC Physics > QC501 Electricity |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 09 May 2023 06:16 |
Last Modified: | 09 May 2023 06:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51378 |