PENGEMBANGAN TRAINER PLC 16 I/O BERBASIS ARDUINO NANO PADA MATA PELAJARAN SISTEM KENDALI ELEKTRONIK KELAS XI SMK TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI

Sidauruk, Rajaman (2022) PENGEMBANGAN TRAINER PLC 16 I/O BERBASIS ARDUINO NANO PADA MATA PELAJARAN SISTEM KENDALI ELEKTRONIK KELAS XI SMK TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM 5153331017 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 5153331017 COVER.pdf - Published Version

Download (304kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 5153331017 APPROVAL.pdf]
Preview
Text
2. NIM 5153331017 APPROVAL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 5153331017 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 5153331017 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (554kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 5153331017 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 5153331017 PREFACE.pdf - Published Version

Download (888kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 5153331017 TABLE OF CONTENS.pdf]
Preview
Text
5. NIM 5153331017 TABLE OF CONTENS.pdf - Published Version

Download (774kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 5153331017 ILLUSTRATIONS.pdf]
Preview
Text
6. NIM 5153331017 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version

Download (278kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 5153331017 TABLE.pdf]
Preview
Text
7. NIM 5153331017 TABLE.pdf - Published Version

Download (885kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 5153331017 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 5153331017 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (498kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 5153331017 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 5153331017 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 5153331017 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 5153331017 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 5153331017 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 5153331017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (886kB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu komponen pembelajaran yang mempunyai peranan penting dalam kegiatan belajar mengajar. Pemanfaatan media seharusnya menjadi bagian yang diperhatikan guru selaku fasilitator dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi ke sekolah dan melihat proses pembelajaran, peneliti menemukan beberapa masalah yang berhubungan dengan prasarana yang mendukung proses kegiatan belajar mengajar. Berdasarkan masalah tersebut peneliti mencoba mengembangkan Pengembangan Trainer PLC 16 I/O berbasis Arduino Nano dengan tujuan untuk mempermudah prosespembelajaran dan mempermudah peserta didik untuk memahami materi yangdiajarkan guru dengan melakukan proses pembelajaran praktek.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Trainer PLC layak digunakan pada pembelajaran sistem kendali elektronik. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI Jurusan Elektronika Industri. Pengembangan Model pengembangan dalam penelitian ini mengacu pada model pada model penelitian dan pengembangan (research and development/R&D) Identifikasi masah, Pengumpulan data, Desain produk,Validasi desain, Revisi desain, Ujicoba produk, Revisi produk, Ujicoba pemakain produk, Revisi produk, Produksi masal.
Berdasarkan data yang didapat selama penelitian, hasil validasi dari ahli mediadan materi maka media pembelajaran ini dinyatakan memenuhi persyaratan dan layak digunakan sebagai media pembelajaran dibuktikan dari hasil penilaian kelayakan ahli materi memperoleh kategori kelayakan sangat layak dengan rerata presentase 88,3% , hasil penilaian kelayakan dari ahli media memperoleh kategori kelayakan sangat layak dengan rerata presentase 84%. Dengan demikian pengembangan media pembelajaran sangat baik dilakukan dengan melihat nilai dari para ahli validator dan juga tanggapan positif yang mendukung media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan,Trainer ,Elektronika industri
Subjects: Q Science > QC Physics > QC501 Electricity
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 09 May 2023 06:18
Last Modified: 09 May 2023 06:18
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51374

Actions (login required)

View Item
View Item