Sidauruk, Rajaman (2022) PENGEMBANGAN TRAINER PLC 16 I/O BERBASIS ARDUINO NANO PADA MATA PELAJARAN SISTEM KENDALI ELEKTRONIK KELAS XI SMK TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 5153331017 COVER.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
2. NIM 5153331017 APPROVAL.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 5153331017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (554kB) | Preview
4. NIM 5153331017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (888kB) | Preview
5. NIM 5153331017 TABLE OF CONTENS.pdf - Published Version
Download (774kB) | Preview
6. NIM 5153331017 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
7. NIM 5153331017 TABLE.pdf - Published Version
Download (885kB) | Preview
8. NIM 5153331017 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (498kB) | Preview
9. NIM 5153331017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM 5153331017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
14. NIM 5153331017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (886kB) | Preview
Abstract
Media pembelajaran merupakan salah satu komponen pembelajaran yang mempunyai peranan penting dalam kegiatan belajar mengajar. Pemanfaatan media seharusnya menjadi bagian yang diperhatikan guru selaku fasilitator dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi ke sekolah dan melihat proses pembelajaran, peneliti menemukan beberapa masalah yang berhubungan dengan prasarana yang mendukung proses kegiatan belajar mengajar. Berdasarkan masalah tersebut peneliti mencoba mengembangkan Pengembangan Trainer PLC 16 I/O berbasis Arduino Nano dengan tujuan untuk mempermudah prosespembelajaran dan mempermudah peserta didik untuk memahami materi yangdiajarkan guru dengan melakukan proses pembelajaran praktek.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Trainer PLC layak digunakan pada pembelajaran sistem kendali elektronik. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI Jurusan Elektronika Industri. Pengembangan Model pengembangan dalam penelitian ini mengacu pada model pada model penelitian dan pengembangan (research and development/R&D) Identifikasi masah, Pengumpulan data, Desain produk,Validasi desain, Revisi desain, Ujicoba produk, Revisi produk, Ujicoba pemakain produk, Revisi produk, Produksi masal.
Berdasarkan data yang didapat selama penelitian, hasil validasi dari ahli mediadan materi maka media pembelajaran ini dinyatakan memenuhi persyaratan dan layak digunakan sebagai media pembelajaran dibuktikan dari hasil penilaian kelayakan ahli materi memperoleh kategori kelayakan sangat layak dengan rerata presentase 88,3% , hasil penilaian kelayakan dari ahli media memperoleh kategori kelayakan sangat layak dengan rerata presentase 84%. Dengan demikian pengembangan media pembelajaran sangat baik dilakukan dengan melihat nilai dari para ahli validator dan juga tanggapan positif yang mendukung media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan,Trainer ,Elektronika industri |
Subjects: | Q Science > QC Physics > QC501 Electricity |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 09 May 2023 06:18 |
Last Modified: | 09 May 2023 06:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51374 |