PENGEMBANGAN BUKU AJAR ELEKTRONIK KIMIA BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK KELAS X SMA/MA SEMESTER II

Islamiyah, Khairani (2023) PENGEMBANGAN BUKU AJAR ELEKTRONIK KIMIA BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK KELAS X SMA/MA SEMESTER II. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 8206141007 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8206141007 COVER.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 8206140107 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8206140107 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (729kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 8206141007 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8206141007 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8206141007 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8206141007 PREFACE.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8206141007 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8206141007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8206141007 LIST OF TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8206141007 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8206141007 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8206141007 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8206141007 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8206141007 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 8206141007 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 8206141007 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM 820614007 CHAPTER II.pdf] Text
10. NIM 820614007 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB)
[thumbnail of 11. NIM 8206141007 CHAPTER III.pdf] Text
11. NIM 8206141007 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (635kB)
[thumbnail of 12. NIM 8206141007 CHAPTER IV.pdf] Text
12. NIM 8206141007 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (994kB)
[thumbnail of 13. NIM 8206141007 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM 8206141007 CHAPTER V.pdf

Download (65kB)
[thumbnail of 14. NIM 8206141007 BIBILIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM 8206141007 BIBILIOGRAPHY.pdf

Download (404kB)
[thumbnail of 15. NIM 8206141007 ENCLOSURE.pdf] Text
15. NIM 8206141007 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Pembelajaran di masa pandemi Covid-19 mengakibatkan hasil belajar dan motivasi belajar siswa menurun. Penelitian ini bertujuan mengetahui: (1) kebutuhan pendidik dan kelayakan materi buku ajar kimia SMA/MA yang digunakan murid di sekolah berdasarkan kelayakan BSNP; (2) mengembangkan dan memperoleh buku ajar elektronik kimia SMA/MA berbasis kontekstual; (3) hasil belajar murid pada proses belajar mengajar dengan menggunakan buku ajar elektronik kimia SMA/MA berbasis kontekstual.; (4) peningkatan hasil belajar murid pada proses belajar mengajar dengan menggunakan buku ajar elektronik kimia SMA/MA berbasis kontekstual; (5) tingkat motivasi belajar murid pada proses belajar mengajar dengan menggunakan buku ajar elektronik kimia SMA/MA berbasis kontekstual; dan (6) respon murid terhadap penggunan buku ajar elektronik kimia SMA/MA berbasis kontekstual. Sampel penelitian sebanyak satu kelas yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Kelas eksperimen yaitu kelas X MIPA 2 sebanyak 24 orang. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) pendidik membutuhkan inovasi pada buku ajar kimia dan buku kimia yang digunakan di sekolah sebelum dikembangkan sudah memenuhi kriteria BSNP dan kontekstual akan tetapi masih terdapat kekurangan sehingga perlu dilakukan pengembangan buku ajar; (2) buku elektronik kimia berbasis kontekstual yang dikembangkan telah memenuhi kriteria BSNP dan kontekstual; (3) hasil belajar kimia murid lebih tinggi dari nilai KKM (thitung > ttabel (8,087 > 1,714); (4) peningkatan hasil belajar murid (n-gain) sebesar 0,74 termasuk kategori tinggi (5) tingkat motivasi belajar murid sangat tinggi untuk belajar kimia saat menggunakan buku elektronik kimia berbasis kontekstual; (6) respon murid sangat baik terhadap buku ajar elektronik kimia berbasis kontekstual, sehingga buku elektronik kimia berbasis kontekstual bisa digunakan dalam pembelajaran kimia di sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 540.72 Isl p
Keywords: Buku Elektronik, Pembelajaran Kontekstual, Hasil Belajar Murid
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - (S2)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 29 May 2023 09:26
Last Modified: 02 Sep 2025 10:07
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51349

Actions (login required)

View Item
View Item