Islamiyah, Khairani (2023) PENGEMBANGAN BUKU AJAR ELEKTRONIK KIMIA BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK KELAS X SMA/MA SEMESTER II. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8206141007 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
2. NIM 8206140107 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (729kB) | Preview
3. NIM 8206141007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
4. NIM 8206141007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
5. NIM 8206141007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
6. NIM 8206141007 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
7. NIM 8206141007 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
8. NIM 8206141007 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
9. NIM 8206141007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
13. NIM 8206141007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
14. NIM 8206141007 BIBILIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (404kB) | Preview
Abstract
Pembelajaran di masa pandemi Covid-19 mengakibatkan hasil belajar dan motivasi belajar siswa menurun. Penelitian ini bertujuan mengetahui: (1) kebutuhan pendidik dan kelayakan materi buku ajar kimia SMA/MA yang digunakan murid di sekolah berdasarkan kelayakan BSNP; (2) mengembangkan dan memperoleh buku ajar elektronik kimia SMA/MA berbasis kontekstual; (3) hasil belajar murid pada proses belajar mengajar dengan menggunakan buku ajar elektronik kimia SMA/MA berbasis kontekstual.; (4) peningkatan hasil belajar murid pada proses belajar mengajar dengan menggunakan buku ajar elektronik kimia SMA/MA berbasis kontekstual; (5) tingkat motivasi belajar murid pada proses belajar mengajar dengan menggunakan buku ajar elektronik kimia SMA/MA berbasis kontekstual; dan (6) respon murid terhadap penggunan buku ajar elektronik kimia SMA/MA berbasis kontekstual. Sampel penelitian sebanyak satu kelas yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Kelas eksperimen yaitu kelas X MIPA 2 sebanyak 24 orang. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) pendidik membutuhkan inovasi pada buku ajar kimia dan buku kimia yang digunakan di sekolah sebelum dikembangkan sudah memenuhi kriteria BSNP dan kontekstual akan tetapi masih terdapat kekurangan sehingga perlu dilakukan pengembangan buku ajar; (2) buku elektronik kimia berbasis kontekstual yang dikembangkan telah memenuhi kriteria BSNP dan kontekstual; (3) hasil belajar kimia murid lebih tinggi dari nilai KKM (thitung > ttabel (8,087 > 1,714); (4) peningkatan hasil belajar murid (n-gain) sebesar 0,74 termasuk kategori tinggi (5) tingkat motivasi belajar murid sangat tinggi untuk belajar kimia saat menggunakan buku elektronik kimia berbasis kontekstual; (6) respon murid sangat baik terhadap buku ajar elektronik kimia berbasis kontekstual, sehingga buku elektronik kimia berbasis kontekstual bisa digunakan dalam pembelajaran kimia di sekolah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 540.72 Isl p |
Keywords: | Buku Elektronik, Pembelajaran Kontekstual, Hasil Belajar Murid |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 29 May 2023 09:26 |
Last Modified: | 15 Jul 2024 04:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51349 |