MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA/MA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN LECTORA INSPIRE

Lukman, Indira (2023) MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA/MA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN LECTORA INSPIRE. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8186142011 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8186142011 COVER.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8186142011 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8186142011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8186142011 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8186142011 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8186142011 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8186142011 PREFACE.pdf - Published Version

Download (343kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8186142011 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8186142011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8186142011 TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8186142011 TABLE.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8186142011 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8186142011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8186142011 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8186142011 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8186142011 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8186142011 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (710kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8186142011 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8186142011 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8186142011 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8186142011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (688kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran lectora inspire materi kelarutan dan hasil kali kelarutan yang dikembangkan berdasarkan standart BSNP terintegrasi media interaktif; (2) mengetahui hasil belajar siswa melalui model PBL berbasis media pembelajaran interaktif menggunakan lectora inspire lebih tinggi daripada pembelajaran melalui model PBL menggunakan media powerpoint pada pokok bahasan kelarutan dan hasil kali kelarutan; (3) mengetahui motivasi belajar siswa melalui model PBL berbasis media pembelajaran interaktif menggunakan lectora inspire lebih tinggi daripada pembelajaran melalui model PBL menggunakan media powerpoint pada pokok bahasan kelarutan dan hasil kali kelarutan; dan (4) mengetahui korelasi antara motivasi belajar dan hasil belajar. Jenis penelitian ini menggunakan metode R & D (Development Research) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN 2 Model Medan. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas MIA 5 dan MIA 7 yang masing-masing berjumlah 30 siswa, sehingga total sampling adalah 60 siswa. Instrumen penelitian adalah angket BSNP terintegrasi media interaktif, tes objektif hasil belajar siswa yang valid dan reliabel, dan lembar angket motivasi belajar siswa. Teknik analisis data dengan metode deskriptif dan statistik menggunakan uji independent sample t-test pada data yang berdistribusi normal dan homogen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media pembelajaran lectora inspire yang dikembangkan memiliki nilai aspek kelayakan isi sebesar 3,8 dan aspek penyajian sebesar 3,9 dengan kategori sangat layak; (2) hasil belajar siswa melalui model PBL berbasis media pembelajaran interaktif menggunakan lectora inspire lebih tinggi daripada pembelajaran melalui model PBL menggunakan media powerpoint pada pokok bahasan kelarutan dan hasil kali kelarutan dengan nilai sig. (0,001); (3) motivasi belajar siswa melalui model PBL berbasis media pembelajaran interaktif menggunakan lectora inspire lebih tinggi daripada pembelajaran melalui model PBL menggunakan media powerpoint pada pokok bahasan kelarutan dan hasil kali kelarutan dengan nilai sig. (0,000); dan (4) terdapat korelasi yang signifikan antara motivasi belajar dan hasil belajar dengan nilai sig. (0,006) yang menggunakan media powerpoint dan nilai sig. (0,001) yang menggunakan media lectora inspire.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 540.72 Luk m
Keywords: media pembelajaran interaktif, lectora inspire, problem based learning, hasil belajar, motivasi belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 29 May 2023 09:31
Last Modified: 30 May 2023 05:55
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51334

Actions (login required)

View Item
View Item