Lukman, Indira (2023) MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA/MA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN LECTORA INSPIRE. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8186142011 COVER.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
2. NIM. 8186142011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
3. NIM. 8186142011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
4. NIM. 8186142011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (343kB) | Preview
5. NIM. 8186142011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
6. NIM. 8186142011 TABLE.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
7. NIM. 8186142011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
8. NIM. 8186142011 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
9. NIM. 8186142011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (710kB) | Preview
13. NIM. 8186142011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
14. NIM. 8186142011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (688kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran lectora inspire materi kelarutan dan hasil kali kelarutan yang dikembangkan berdasarkan standart BSNP terintegrasi media interaktif; (2) mengetahui hasil belajar siswa melalui model PBL berbasis media pembelajaran interaktif menggunakan lectora inspire lebih tinggi daripada pembelajaran melalui model PBL menggunakan media powerpoint pada pokok bahasan kelarutan dan hasil kali kelarutan; (3) mengetahui motivasi belajar siswa melalui model PBL berbasis media pembelajaran interaktif menggunakan lectora inspire lebih tinggi daripada pembelajaran melalui model PBL menggunakan media powerpoint pada pokok bahasan kelarutan dan hasil kali kelarutan; dan (4) mengetahui korelasi antara motivasi belajar dan hasil belajar. Jenis penelitian ini menggunakan metode R & D (Development Research) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN 2 Model Medan. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas MIA 5 dan MIA 7 yang masing-masing berjumlah 30 siswa, sehingga total sampling adalah 60 siswa. Instrumen penelitian adalah angket BSNP terintegrasi media interaktif, tes objektif hasil belajar siswa yang valid dan reliabel, dan lembar angket motivasi belajar siswa. Teknik analisis data dengan metode deskriptif dan statistik menggunakan uji independent sample t-test pada data yang berdistribusi normal dan homogen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media pembelajaran lectora inspire yang dikembangkan memiliki nilai aspek kelayakan isi sebesar 3,8 dan aspek penyajian sebesar 3,9 dengan kategori sangat layak; (2) hasil belajar siswa melalui model PBL berbasis media pembelajaran interaktif menggunakan lectora inspire lebih tinggi daripada pembelajaran melalui model PBL menggunakan media powerpoint pada pokok bahasan kelarutan dan hasil kali kelarutan dengan nilai sig. (0,001); (3) motivasi belajar siswa melalui model PBL berbasis media pembelajaran interaktif menggunakan lectora inspire lebih tinggi daripada pembelajaran melalui model PBL menggunakan media powerpoint pada pokok bahasan kelarutan dan hasil kali kelarutan dengan nilai sig. (0,000); dan (4) terdapat korelasi yang signifikan antara motivasi belajar dan hasil belajar dengan nilai sig. (0,006) yang menggunakan media powerpoint dan nilai sig. (0,001) yang menggunakan media lectora inspire.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 540.72 Luk m |
Keywords: | media pembelajaran interaktif, lectora inspire, problem based learning, hasil belajar, motivasi belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 29 May 2023 09:31 |
Last Modified: | 30 May 2023 05:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51334 |