JAMILAH, MARYAM (2023) INOVASI PENUNTUN PRAKTIKUM KIMIA BERBASIS STEM-PjBL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI. Masters thesis, UNIMED.
1. 8186142005 COVER.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
2. 8186142005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (349kB) | Preview
3. 8186142005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
4. 8186142005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
5. 8186142005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
6. 8186142005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
7. 8186142005 TABLES.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
8. 8186142005 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
9. 8186142005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
10. 8186142005 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (959kB)
11. 8186142005 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (658kB)
12. 8186142005 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
13. 8186142005 CHAPTER V.pdf
Download (216kB)
14. 8186142005 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (290kB)
15. 8186142005 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data analisis kebutuhan dan kelayakan penuntun praktikum STEM-PjBL yang dikembangkan sesuai standar BSNP, mengetahui perbedaan nilai hasil belajar, nilai keterampilan proses sains serta respon siswa terhadap penggunaan penuntun praktikum kimia STEM-PjBL yang dikembangkan. Penelitian dilakukan di MAN Insan Cendekia Aceh Timur menggunakan metode R & D dengan model ADDIE. Populasi penelitian terdiri dari seluruh siswa kelas XI IPA dengan sampel siswa kelas XI MIPA 2 dan XI MIPA 3 yang dibagi menjadi kelas kontrol dan eksperimen. Instrumen penelitian terdiri dari angket kelayakan BSNP yang dimodifikasi, instrumen tes hasil belajar siswa berupa soal pilihan berganda; serta lembar observasi keterampilan proses sains siswa. Uji hipotesis dilakukan dengan uji T (Independent Sample T-Test) dengan menggunakan taraf signifikansi 5% (α=0,05. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelayakan buku penuntun yang digunakan di sekolah yaitu 2,4 dinyatakan kurang layak dan perlu direvisi, nilai rata-rata kelayakan penuntun praktikum kimia terintegrasi STEM-PjBL yang dikembangkan yaitu 3,52 dengan kategori layak untuk digunakan dalam pembelajaran dan tidak perlu direvisi. Siswa yang dibelajarkan menggunakan penuntun praktikum kimia terintegrasi STEM-PjBL memberikan nilai rata-rata hasil belajar 73,22 yang lebih tinggi dibandingkan siswa yang dibelajarkan menggunakan penuntun praktikum di sekolah yaitu 71,06. Terdapat perbedaan nilai rata-rata Keterampilan Proses Sains (KPS) siswa di kelas eksperimen yaitu 83.52, sedangkan pada kelas kontrol memperoleh nilai 77.98. Siswa memberikan respon yang positif terhadap pemanfaatan penuntun praktikum kimia terintegrasi STEM-PjBL yang dikembangkan sebagai penunjang pelaksanaan pembelajaran kimia di sekolah.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information: | 540.72 Jam i |
| Keywords: | Penuntun praktikum, STEM, Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL), Keterampilan Proses Sains (KPS), ADDIE. |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - (S2) |
| Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
| Date Deposited: | 29 May 2023 09:38 |
| Last Modified: | 29 Aug 2025 03:58 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51324 |
