JAMILAH, MARYAM (2023) INOVASI PENUNTUN PRAKTIKUM KIMIA BERBASIS STEM-PjBL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI. Masters thesis, UNIMED.
1. 8186142005 COVER.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
2. 8186142005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (349kB) | Preview
3. 8186142005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
4. 8186142005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
5. 8186142005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
6. 8186142005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
7. 8186142005 TABLES.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
8. 8186142005 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
9. 8186142005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
13. 8186142005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
14. 8186142005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data analisis kebutuhan dan kelayakan penuntun praktikum STEM-PjBL yang dikembangkan sesuai standar BSNP, mengetahui perbedaan nilai hasil belajar, nilai keterampilan proses sains serta respon siswa terhadap penggunaan penuntun praktikum kimia STEM-PjBL yang dikembangkan. Penelitian dilakukan di MAN Insan Cendekia Aceh Timur menggunakan metode R & D dengan model ADDIE. Populasi penelitian terdiri dari seluruh siswa kelas XI IPA dengan sampel siswa kelas XI MIPA 2 dan XI MIPA 3 yang dibagi menjadi kelas kontrol dan eksperimen. Instrumen penelitian terdiri dari angket kelayakan BSNP yang dimodifikasi, instrumen tes hasil belajar siswa berupa soal pilihan berganda; serta lembar observasi keterampilan proses sains siswa. Uji hipotesis dilakukan dengan uji T (Independent Sample T-Test) dengan menggunakan taraf signifikansi 5% (α=0,05. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelayakan buku penuntun yang digunakan di sekolah yaitu 2,4 dinyatakan kurang layak dan perlu direvisi, nilai rata-rata kelayakan penuntun praktikum kimia terintegrasi STEM-PjBL yang dikembangkan yaitu 3,52 dengan kategori layak untuk digunakan dalam pembelajaran dan tidak perlu direvisi. Siswa yang dibelajarkan menggunakan penuntun praktikum kimia terintegrasi STEM-PjBL memberikan nilai rata-rata hasil belajar 73,22 yang lebih tinggi dibandingkan siswa yang dibelajarkan menggunakan penuntun praktikum di sekolah yaitu 71,06. Terdapat perbedaan nilai rata-rata Keterampilan Proses Sains (KPS) siswa di kelas eksperimen yaitu 83.52, sedangkan pada kelas kontrol memperoleh nilai 77.98. Siswa memberikan respon yang positif terhadap pemanfaatan penuntun praktikum kimia terintegrasi STEM-PjBL yang dikembangkan sebagai penunjang pelaksanaan pembelajaran kimia di sekolah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 540.72 Jam i |
Keywords: | Penuntun praktikum, STEM, Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL), Keterampilan Proses Sains (KPS), ADDIE. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 29 May 2023 09:38 |
Last Modified: | 30 May 2023 01:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51324 |